Instagram meluncurkan sebuah aplikasi baru bernama Threads. Aplikasi ini adalah sebuah aplikasi pesan berbasis kamera untuk tetap berhubungan dengan teman terdekatmu. Apa saja yang perlu diketahui soal aplikasi ini?

Aplikasi pesan berbasis kamera — baik foto maupun video — mulai populer dengan hadirnya Snapchat. Waktu itu format Story memang lebih menjadi fokus, yang dijawab oleh Instagram dengan format serupa.

Seiring waktu, pesan berbentuk video menjadi lebih banyak dipakai. Terutama karena perkembangan teknologi kamera dan jaringan internet. Video sudah menjadi media standar komunikasi di smartphone saat ini.

Lalu, apa yang membedakan aplikasi Threads dari Instagram ini dengan lainnya? Apa fitur menarik dari Threads?

Terkait

Untuk Teman Dekat

Berbeda dengan Story atau bahkan Direct, Instagram membuat Threads khusus untuk ngobrol dengan teman dekat. Jadi, kamu tidak bisa mengirim pesan foto atau video ke sembarang orang.

Aplikasi ini akan selalu membuka langsung dengan kamera untuk mempercepat komunikasi. Kamu bisa memilih teman yang akan kamu kirimi pesan melalui pilihan di bagian bawah layar.

Kamu juga akan mendapat notifikasi dan inbox khusus untuk teman dekatmu. Sehingga kamu segera tahu kalau mereka mengirimkan pesan. Berbeda dengan Direct yang bisa mendapat pesan dari siapa pun (misalnya dari respon untuk Story).

Kalau kamu belum menentukan siapa saja teman dekat di Instagram, kamu bisa membuatnya langsung di Threads. Aplikasi akan bertanya saat kamu pertama kali memakainya.

Tapi kalau kamu ingin mengaturnya lagi, kamu bisa mengatur daftar teman dekat dengan menekan tombol Home > Menu > Teman Dekat.

Kamu juga bisa membuat Grup dan Grup tersembunyi di aplikasi ini. Untuk membuatnya, kamu bisa ikuti langkah di atas, tapi pilih Grup atau Grup Tersembunyi (bukan masuk Teman Dekat). Nah, untuk membuat Grup Tersembunyi, kamu harus membuat Grup terlebih dahulu.

Update Status Cepat

Salah satu fitur unggulan Threads adalah Auto Status. Fitur ini akan mengirimkan kondisi atau aktivitas yang kamu lakukan, jika kamu tidak sempat mengirim pesan atau ngobrol.

Threads sudah menyediakan beberapa saran status, misalnya sedang belajar (📚 Studying). Kamu juga bisa membuat status sendiri (😅 Procrastinating), atau memperbarui status secara otomatis (🚗 On the move).

Status Otomatis bisa aktif jika kamu mengijinkan aplikasi mengakses beberapa sensor di ponsel. Jadi kamu bisa dengan mudah memperbarui status, apakah kamu sedang di jalan atau baterai mau habis.

Saat pertama kali kamu menggunakan aplikasi, Threads akan bertanya soal ijin dan apakah kamu akan mengaktifkan fitur ini. Tapi kalau kamu ingin mengaturnya kemudian, kamu bisa membukanya melalui foto profil atau tombol Home > Menu > Status.

Terhubung dengan Direct

Aplikasi Threads juga terhubung dengan fitur Direct di Instagram. Jadi kalau kamu dan teman dekatmu memakai aplikasi ini, kamu bisa melihat update status atau pesan kiriman mereka di Direct. Jadi kamu bisa menentukan sendiri kapan mau membalas atau ngobrol lebih lanjut dengan mereka.

Sudah Tersedia

Saat ini aplikasi Instagram Threads sudah tersedia baik untuk perangkat Android maupun iOS. Kalau kamu belum mencobanya, silakan kunjungi bursa aplikasi perangkatmu melalui link di bawah ini.

Download (Android), Download (iOS)