USB OTG (On-The-Go) merupakan salah satu fitur menarik yang memungkinkan perangkat lain dapat dibaca oleh smartphone dengan mudah.

Dengan kata lain, Flashdrive, USB Keyboard, HDD eksternal, USB Mouse, dan lainnya dapat dijalankan di smartphone apabila pengguna smartphone mempunyai kabel konverter USB to microUSB atau USB to USB Type-C.

Namun pada Flashdrive masa kini pun sudah disediakan port microUSB atau USB Type-C untuk dapat langsung terhubung secara OTG kepada smartphone sehingga lebih praktis karena tidak membutuh kabel konverter.

Hampir semua smartphone buatan Xiaomi terbaru dan generasi sebelum sudah mempunyai fitur OTG ini. Salah satu yang paling terasa manfaatnya menggunakan fitur USB OTG ini adalah membaca data dari flashdrive dengan cepat dan mudah tanpa perlu repot mencolokkan kabel data ke komputer apabila membutuhkan data penting.

Terkait

Bisa dibilang cara mengaktifkan OTG di smartphone Xiaomi pun cukup mudah, dimana kamu hanya perlu langsung mencolokkan Flashdrive ke smartphone Xiaomi. Kamu bisa menggunakan Flashdrive yang memang sudah mendukung port di smartphone atau menggunakan kabel konverter.

Untuk itu, bagi kamu yang penasaran untuk mengaktifkan USB OTG di perangkat Xiaomi maka dapat langsung mengikuti tutorial sebagai berikut ini.

Tutorial Mengaktifkan OTG di Xiaomi dengan Menggunakan Kabel Konverter

  1. Pertama, kamu dapat membeli dan menyiapkan kabel konverter atau adapter terlebih dahulu
  2. Setelah tersedia, maka kamu dapat mencolokannya ke smartphone dan Flashdrive
  3. Apabila Flashdrive sudah disambungkan dengan benar, maka notifikasi [Nama Flashdrive] ditambah kata For Transferring Photos and Media akan muncul
  4. Kamu hanya perlu menekan notifikasi tersebut dan otomatis akan langsung masuk ke drive atau folder-folder pada Flashdrive yang dimiliki
  5. Selanjutnya, kamu dapat menyalin data dari Flashdrive ke smartphone Xiaomi atau sebaliknya.

Sebagai catatan, jenis kabel konverter atau adapter yang digunakan akan tergantung dari port smartphone Xiaomi yang dimiliki karena bisa saja port USB to microUSB atau USB to USB Type-C. Sementara itu, apabila kamu ingin mengeluarkan Flashdrive dengan aman dari smartphone maka sebaiknya menekan tombol Eject pada notifikasi nama Flashdrive dengan kata For Transferring Photos and Media sebelumnya.

Tutorial Menggunakan Flashdrive dengan port khusus smartphone

  1. Pertama, kamu dapat membeli dan menyiapkan Flashdrive yang sudah memiliki port yang disesuaikan smartphone (microUSB atau USB Type-C)
  2. Selanjutnya, kamu dapat mencolokkan Flashdrive langsung ke port smartphone
  3. Kemudian akan muncul notifikasi nama Flashdrive ditambah kata For Transferring Photos and Media
  4. Untuk membuka data Flashdrive, maka kamu dapat langsung menekan notifikasi tersebut
  5. Setelah ditekan, maka beragam file dan folder akan langsung muncul di smartphone
  6. Kamu bisa melihat dan menyalin data dari Flashdrive ke smartphone Xiaomi atau sebaliknya.

Bisa dibilang menggunakan Flashdrive dengan port khusus smartphone merupakan cara yang lebih cepat, namun perlu diingat biasanya Flashdrive jenis ini mempunyai harga yang lebih mahal dibandingkan Flashdrive biasa.

Sementara keunggulan dari penggunaan kabel konverter atau adapter, kamu bisa menyambungkan beragam Flashdrive biasa ke smartphone. Tak hanya itu, kamu pun dapat menyambungkan USB Mouse atau USB Keyboard ke smartphone.

Bagi kamu yang mengetahui tutorial lain untuk mengaktifkan USB OTG di smartphone Xiaomi ini maka dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini.