Di era pandemi berbisnis menjadi pilihan paling OK! mengingat kegiatan usaha ini bisa dilakukan dimana pun, apalagi jika usaha Anda itu dikerjakan secara daring.

Nah, untuk menunjang usaha itu, tentu dibutuhkan perangkat khusus penunjang bisnis, minimal smartphone. Terlebih melalui prangkat ponsel pintar saat ini banyak sekali teknologi yang tersamat di dalamnya, yang patut diandalkan untuk kegiatan bisnis. Bagi Anda yang sedang mencari ponsel untuk keperluan bisnis, simak berikut ulasanya:

Oppo Reno5 5G

Rekomendasi pertama ada Oppo Reno5 5G tak dipungkiri perangkat ini dari segala lini kemampuan yang dibawa sangat cocok diandalkan untuk bisnis Anda. Dari segi layar, perangkat ini hadir dengan layar AMOLED 90Hz 6,4 inci dengan resolusi FHD + (2400×1080), cukup lega sehingga sangat nyaman digunakan.

Lalu Reno5 5G ini memiliki kamera tajam, untuk kamera depanya sendiri yang dikemas dengan konsep punch hole beresousi 32MP, dan kamera utama yang disusun dengan formasi empat kamera, percis seperti konfigurasi Reno5. Masing-masing beresolusi 64MP (f/1.7) untuk kamera utama, ultra wide 8MP (f/2.2), makro 2MP (f/2.4), dan mono 2MP (f/2.4). Oppo membekali kamera belakang dengan Full Dimension Fusion (FDF) Portrait Video System. Sistem tersebut dibuat untuk menghasilkan efek video portrait yang lebih baik.

Baca juga:

Untuk spesifikasinya sendiri Reno5 5G membawa prosesor fabrikasi 7nm Qualcomm Snapdragon 765G 5G, dan membawa RAM 8GB dan penyimpanan 128GB. ponsel cerdas ini juga menghadirkan kinerja yang cepat dengan konsumsi daya seimbang, dengan baterai 4300mAh didukung dengan pengisian cepat 65W SuperVOOC 2.0 yang diklaim dapat mengisi daya hingga penuh 100% hanya dengan waktu 35 menit.

Bagi Anda yang tertarik, Reno5 5G ini hadir dalam dua pilihan warna yaitu Galactic Silver dan Starry Black dan dijual dengan harga resmi Rp6.999.000.

Xiaomi Mi 10T

Dari segi performa, Mi 10T dilengkapi dengan Qualcomm Snapdragon 865. Skor Antutu untuk seri ini sebesar 583.997. Mi 10T didukung dengan RAM 8GB dan varian ROM 128 GB, untuk seri Pro, varian ROM lebih besar 256GB.

Untuk mendukung aktivitas hiburan seperti bermain game dan menonton film, Xiaomi dilengkapi dengan baterai 5.000 mAh. Dengan kapasitas ini, Xiaomi mengklaim pengguna dapat mendengar musik sepanjang 123 jam, bermain game hingga 20 jam, menonton film hingga 30 jam. Baterai didukung dengan fitur fast charging 33W. Baterai handphone dikatakan bisa terisi dalam 1 jam saja.

Ponsel ini dilengkapi dengan tiga kamera belakang 108 MP ditambah 13MP untuk kamera belakang. Sedangkan untuk menunjang selfie, kamera depan ditempatkan sebesar 5MP.

Untuk display sendiri, brand ini menawarkan 144Hz leading display yang mendukung untuk bermain games dan menonton film. Layarnya berukuran 6,67 inch yang diperuntukkan untuk games dan menonton video.

Fitur lainnya, untuk mendukung aktivitas entertain Mi 10T juga dipasangkan dengan adaptive sync, fitur ini membuat baterai ponsel dapat tahan 8 persen lebih lama ketika sedang digunakan menonton film atau bermain game, untuk harga Mi 10T dibanderol Rp 5.999.000.

Realme Narzo 30A

Realme Narzo 30A cukup unggul, dari segi spesifikasi meskipun dibandrol cukup terjangkau yaitu sekitar 2 jutaan rupiah. Perangkat ini dipersenjatai dengan chip Helio G85 yang diklaim mampu menghasilkan performa yang lebih baik dalam kegiatan gaming. Chip tersebut turut dipadankan dengan RAM 4 GB dan penyimpanan 64 GB. Pengguna juga dapat memperluas kapasitas penyimpanan hingga 256 GB menggunakan kartu microSD

Di sektor kamera Narzo 30A memiliki dua kamera belakang yang terdiri dari satu kamera utama beresolusi 13 MP (f/2.2) serta kamera sekunder resolusi 2 MP, yang bisa diandalkan untuk sekedar foto produk dan lain sebagainya.

Lalu Narzo 30A memiliki layar seluas 6,5 inci dengan tingkat kecerahan mencapai 570 nits dan aspek rasio 20:9. Realme turut membekali ponsel ini dengan satu buah kamera selfie beresolusi 8 MP.

Kemudian Realme menyematkan baterai kapasitas besar di Narzo 30A, yakni 6.000 mAh dan dukungan fitur Quick Charge 18 Watt. Ponsel ini disebut Realme mampu dipakai bermain game selama 10 jam.

Realme Narzo 30A juga mendukung fungsi reverse charge, atau dapat digunakan untuk mengisi daya baterai ponsel lain, alias menjadi power bank. Untuk melakukannya, pengguna membutuhkan kabel USB OTG tambahan yang dijual terpisah.

Spesifikasi lainnya mencakup dual-SIM, sensor fingerprint di bagian punggung, serta jack audio 3,5 mm. Realme Narzo 30A tersedia dalam dua varian warna, yakni Laser Blue dan Laser Black.

Infinix Note 8

Meski didapuk sebagai ponsel gaming kelas terjangkau, namun Infinix Note 8 juga bisa sangat diandalkan untuk perangkat kerja maupun bisnis.

Keunggulnya tentu selain harga yang ramah dikantong, Spesifikasi smartphone Infinix Note 8 yang menyasar gamer ini sangat kuat, dimodali chipset Helio G80 dengan dipadupadankan RAM 6 GB.

Untuk memaksimalkannya kenyamanan bermain game, Note 8 hadir dengan layar lapang berukuran 6,95 inch HD+ menggunakan panel IPS LCD yang terlindungi kaca Gorilla Glass. Dan rasa lega pun kian terasa karena konsep layar ponsel ini mengusung punch hole, untuk menampung dua kamera selfie dibagian depan.

Hal penting lainya, smartphone andal ini ditopang baterai bongsor 5.200 mAh, Fast charging 18W, sehingga bermain game dipastikan dapat bertahan lama.

Pada bagian kamera pun tidak kalah canggih, tersemat empat kamera di bagian belakangnya. Kamera utamanya berukuran 64 MP, ditemani lensa makro 2 MP, lensa depth 2 MP dan kamera 2 MP. Sedangkan pada kamera depan memiliki ukuran 16 MP dan 2 MP.

Kemudian ponsel ini menjalankan XOS 7.1 berbasis Android 10. Sejumlah fitur unggulan diberikan, seperti mode Thunder Back untuk melancarkan multitasking, Xclone untuk menjalankan banyak akun pada sebuah aplikasi dan lainnya.

Untuk harga jual, Infinix Note 8 dengan RAM 6/64 GB dibanderol dengan harga Rp2.149.000. Sedangkan, versi RAM 6/128 GB mendarat dengan banderol Rp2.549.000.

Poco M3

Rekomendasi ponsel pintar untuk penunjang bisnis terakhir yang cukup disarankan ialah Poco M3. Perangakat yang baru dirilis untuk pasar Indonesia ini, ditenagai Snapdragon 662 SoC, membawa MIUI 12 berbasis Android 10.

Disektor layar Poco M3 menggunakan LCD FullHD+ 6,53 inci dengan poni tipis sebagai wadah bagi kamera selfie 8MP. Departemen kameranya juga dilengkapi dengan tiga kamera yang terdiri dari primer 48MP, makro 2MP, dan kedalaman 2MP unit sensor.

Beralih ke sisi samping perangkat yang memiliki pemindai sidik jari, sehingga pada bagian belakang tampak begitu simple, dan tentu yang tidak kalah menarik daya yang dibawa mengemas kapasitas 6.000 mAh dengan pengisian daya 18W.

Lalu Poco M3 memiliki pilihan RAM 4GB dan 6 GB berpadu dengan dua opsi penyimpanan 64GB dan 128GB. Tersedia juga slot kartu microSD, khusus bagi yang ingin mengekspansi kembali sektor penyimpanan. Soal harga Poco M3 hadir dengan dua varian RAM dan RoM yakni 4GB+64GB senilai Rp1,900.000 dan 6GB+128GB dibanderol Rp2,300.000.

Sumber : selular.id