PS5 telah resmi rilis. PS5 langsung diperbincangkan banyak orang dan dibandingkan dengan PS4. Lalu PS4 vs PS5, bagus yang mana dan perlukah upgrade?

Era kejayaan PlayStation 4 (PS4) mungkin bakal berakhir. Apalagi sekarang Sony telah resmi meluncurkan konsol generasi baru, PlayStation 5 (PS5).

PS5 hadir dengan desain yang unik. Saking uniknya, PS5 sampai dijadikan meme oleh banyak orang. Namun bukan cuma desainnya yang menarik, tapi spesifikasi yang ditawarkan juga menjanjikan.

Perilisan PS5 mungkin membuat beberapa dari kalian bimbang. Perlu kah melakukan upgrade ke PS5? Oleh karena itu saya telah membuat perbanding PS4 vs PS5. Biar tahu, baca perbandingannya sampai selesai ya.

Sumber Gambar : Trusted Reviews

Sebelum bahas soal perbandingan PS4 dan PS5, saya rasa kalian perlu tahu dulu soal model PS5. Jadi Sony merilis PS5 dalam dua model, yakni PS5 versi standar dan PS5 Digital Edition.

Baca juga:

Sebenarnya sampai sekarang Sony belum memberi detail spesifikasi soal PS5 Digital Edition. Tapi kemungkinan, spesifikasinya tidak jauh berbeda dengan PS5 versi standar, kecuali soal drive optik.

Bisa kalian lihat desain PS5 yang berbeda dengan PS5 Digital Version. PS5 punya drive optik di samping dan mendukung Blu-ray. Sedangkan PS5 Digital Edition tidak punya drive optik, dan tidak mendukung Blu-Ray.

Jadi intinya, Digital Version bakal lebih fokus ke game digital (streaming atau download). Karena download game digital bisa mencapai puluhan GB dan internet di Indonesia belum mumpuni, jadi kali ini saya sengaja tidak ikut membandingkan PS5 Digital Version.

Selain itu, alasan saya hanya membandingkan PS4 dan PS5 versi standar yakni karena mereka sama-sama mendukung Blu-ray. Ya lebih seimbanglah.

Perbandingan PS4 vs PS5

SpesifikasiPlayStation 5PlayStation 4
CPU8-core, 16 thread, up to 3.5Ghz (frekuensi variabel)8 Jaguar Cores, 1.6GHz
GPU36 CU 2.23GHz, 10.3 TFLOPs (frekuensi variabel)18 CU 800MHz, 1,84 TFLOPS
RAM16GB GDDR68GB GDDR5
Penyimpanan internalSSD 825GB khusus500GB, 1TB HDD
Penyimpanan luarSlot NVMe SSD, USB HDDHDD 2,5 inci, HDD USB
Drive optikUltra HD Blu-rayBlu-ray
Output video4K pada 120Hz, 8K1080p

Kalau bicara soal spesifikasi, jelas PS5 berbeda dengan PS4. Konsol ini dibangun dengan arsitektur yang berbeda. Oleh sebab itu, spesifikasi antara dua konsol ini tidak boleh dibandingkan secara langsung.

Contohnya, PS5 dan PS4 punya CU dan kepadatan transistor yang jauh lebih tinggi. Ini membuat PS5 jauh lebih kuat dibanding PS4. Selain itu, PS5 juga punya drive optik dan dukungan resolusi yang lebih bagus.

Sumber Gambar : Digital Trends

Baik PS4 dan PS5, mereka berdua sama-sama memakai chip AMD Radeon khusus (meski PS5 jauh lebih kuat). Sementara itu, PS5 punya CU dengan jumlah dua kali lipat lebih banyak dari PS4.

Konsol ini juga punya kecepatan clock yang jauh lebih tinggi. Oya, perbedaan paling besar dari kedua konsol ini terletak pada TFLOP.

PS4 punya 18 CU, bisa beroperasi pada 800MHZ, dan punya clock 1,84 TFLOPS. Itu artinya, PS4 bisa menangani 1,84 triliun operasi floating-point per second (fps).

Sebaliknya, GPU yang dipakai PS5 ada di angka 10.3 TFLOP (clock jauh lebih tinggi dari PS4). Sony mampu menghasilkan kinerja tinggi seperti itu karena PS5 punya 36 CU dan kecepatan clock yang tinggi.

Intinya, kemampuan grafis PS5 secara umum jauh lebih bagus dari PS4. GPU PS5 punya lebih banyak core, sehingga membuat konsol lebih cepat dan efisien.

Resolusi

PS5 mendukung 4K pada 120Hz dan 8K. Sebaliknya, PS4 hanya mampu mendukung 1080p. Ditambah lagi, PS4 juga sering mengurangi resolusi game sesuai konsumsi daya.

Untuk saat ini, fokus orang-orang mungkin bakal ke resolusi 4K daripada 8K. Ini karena resolusi 8K masih jarang dipakai. Walau begitu, seiring berjalannya waktu resolusi 8K pasti bakal jadi tren.

Kalau soal resolusi, jelas PS5 jauh lebih unggul dari PS4 ya. Apalagi pilihan resolusi yang ditawarkan konsol ini lebih beragam dari pendahulunya.

Penyimpanan

Sumber Gambar : Digital Trends

Sebenarnya pernyimpanan PS5 tidak jauh beda dengan PS4. PS4 punya kapasitas penyimpanan 500GB, sedangkan PS5 punya kapasitas 825GB.

Di sini, kinerja konsol jauh lebih utama. PS5 memakai SSD khusus dengan bandwidth 5.5GB/s. Selain itu, PS5 telah memakai SSD dengan pengontrol baru.

Pengontrol ini mendukung dekompresi ZLIB dan Oodle Kraken. Buat kalian yang belum tahu, Kraken adalah algoritma kompresi dan dekompresi terbaru dari RAD Game Tools.

Algoritma ini bisa mengkompres file yang lebih kecil dari ZLIB. Proses kompresi file juga bakal berjalan lebih cepat. Itu artinya, pembacaan data dan kompresi file di PS5 jauh lebih cepat dibanding PS4.

Di sisi lain, sekarang sedikit demi sedikit pengembang game telah mencabut dukungan mereka untuk PS4. Ini karena HDD PS4 tidak cukup cepat untuk mengirim data dan menangani game baru.

Kendala PS5 ada pada penyimpanan luarnya. Kalian memang bisa meningkatkan penyimpanan PS5 sama seperti PS4.

Hanya saja kalian tidak bisa memakai HDD seperti PS4. PS5 hanya menyediakan slot SSD NVMe. Itu artinya, kalian harus menunggu sampai drive berbasis PCl-e 4.0 rilis, sebelum meningkatkan kapasitas luar PS5.

Game

Sampai saat ini, jumlah game yang dimiliki PS4 memang masih lebih banyak dari PS5. Wajar. Karena PS5 baru saja diumumkan, sehingga game yang mengisi PS5 juga masih sedikit.

Sementara itu, judul game eksklusif di PS4 juga lebih banyak. Tapi kalian tidak perlu khawatir, karena Sony mengatakan kalau 4.000+ judul game di PS4 bakal bisa dimainkan di PS5.

Harga

Sebenarnya sampai sekarang Sony belum mengumumkan harga PS5. Tapi kalau dilihat dari spesifikasi yang ditawarkan, mungkin PS5 bakal lebih mahal dari PS4.

Sebagai perbandingan, PS4 dulu dibanderol $399 di AS (saat pertama kali rilis). Lalu konsol ini turun harga jadi $349, dan sekarang turun lagi jadi $299.

Perlukah Upgrade Konsol?

PS5 jelas menawarkan spesifikasi yang lebih mutakhir dari pendahulunya. Jadi bisa dipastikan, pengalaman gaming yang ditawarkan bakal lebih berkesan. Ini bisa jadi pertimbangan buat upgrade nantinya.

Tapi kalau melihat dari koleksi game-nya, menurut saya PS4 tidak jauh beda dari PS5. Hanya saja, PS5 mungkin punya beberapa game baru yang tidak ada di PS4.

Lalu soal harga, PS5 jelas lebih mahal dari PS4 karena spesifikasi yang ditawarkan. Jadi kalau kalian benar-benar ingin mendapat pengalaman gaming lebih bagus, maka tidak ada salahnya untuk upgrade ke PS5.