Sebagai pengguna smartphone Android, Anda pastinya menginginkan penggunaan sinyal yang cepat dan lancar tanpa hambatan. Sinyal untuk smartphone akan membuat Anda mendapatkan kelancaran ketika sedang chatting, main game atau melakukan aktivitas lainnya.

Jangan jadi pengguna pasrah yang membiarkan sinyal timbul dan tenggelam tanpa kendali. Sebab sesungguhnya kita bisa mengendalikannya, bahkan membuat sinyal selalu kuat di segala kondisi. Misalnya, ketika chatting atau main game, Anda diterpa masalah sambungan atau DC. Ketika hal ini terjadi, Anda jangan lantas berdiam diri. Sebab, ada ragam cara yang bisa ditempuh agar Anda selalu mendapatkan sinyal yang kuat.

Pada artikel kali ini, kami akan berbagi informasi seputar cara mengulik android agar memiliki sinyal anti lemot. Untuk langkah-langkahnya, mari simak uraian berikut ini:

1. Deteksi Dulu Penyebabnya

Ada sejumlah alasan mengapa smartphone Anda mendapatkan gangguan sinyal. Ini bisa jadi karena smartphone terjangkit virus, atau kelebihan muatan ketika menginstall sejumlah aplikasi di android, atau karena masalah tak terprediksi lainnya. Yang jelas, ketika Anda megalami sinyal lemot, yang harus Anda lakukan adalah mendeteksi masalah registry dan cache.

Terkait

2. Memahami PING Android

Seperti diketahui, ponsel android sangat mudah dalam penggunaan ping manual jika ia sudah di root. Tapi jika android Anda masih baru atau fresh, maka sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan aplikasi ping yang terdapat di google playstore.

3. Menggunakan Cara Manual

Untuk memperkuat sinyal, atau ketika sinyal Anda tiba-tiba hilang, Anda bisa menggunakan cara manual, yakni dengan dial up. Untuk langkah teknisnya, mula-mula Anda perlu masuk ke pengaturan internet android. Nantinya, ubahlah jaringan android Anda menjadi “3G only”. Dengan begitu, sinyal  smartphone Anda berpusat pada sinyal 3G saja.

Kemudian, masuklah ke menu panggilan telepon. Ketiklah *#*#4636#*#* untuk mengantarkan Anda dan menuju informasi telepon. Cari tombol “home” di sebelah kiri, lalu pilihlah menu opsi “Band Radio” dan silakan memilih jaringan yang Andan mau.

4. Meng-Install Aplikasi HSDPA + TWEAKER

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan sinyal yang kuat untuk android Anda yakni dengan Meng-Install Aplikasi HSDPA + TWEAKER di Play Store. Aplikasi ini sudah teruji bisa mengatasi masalah sinyal agar bisa lebih cepat. Aplikasi ini juga bisa membuat ping dan data yang menjadi syarat kenyamanan dalam berinternet tetap stabil. Praktis, bukan!

5. Menggunakan Provider Unggulan

Cardaslah memilih kartu SIM untuk smartphone Anda. Sebab, kartu SIM yang unggulan dan terpercaya akan mempengaruhi kualitas sinyal. Jangan mudah tergiur dengan promosi paket internet yang super murah, tapi sinyalnya justru tidak ada. Itu sama saja Anda percuma punya sinyal kuota yang banyak tapi sinyalnya tidak ada.

Biasanya, kualitas provider kartu SIM juga dipengaruhi oleh wilayah. Misalnya, jika kartu XL lebih bagus di daerah A, maka bisa jadi di daerah B sinyalnya lemah bahkan tidak ada. Sebaliknya, jika Indosat atau telkomsel bagus di wilayah C, maka mungkin ia tidak terlalu bagus jika digunakan di wilayah E.

Demikianlah informasi seputar cara mengulik smartphone Anda agar melulu memiliki sinyal yang kuat. Dengan sinyal yang kuat dan stabil, Anda akan sangat terbantu dari segi komunikasi jarak jauh dengan orang lain. Untuk hal-hal yang lebih produktif, sinyal yang bagus juga akan membuat kerja bidang online Anda senantiasa mengalami kelancaran.  

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.