Xiaomi akhirnya resmi memboyong flagship terbarunya, Mi 11, ke Indonesia setelah meluncur lebih dulu untuk pasar Tiongkok pada bulan Desember 2020 dan Global pada Februari 2021 kemarin.

Perangkat penerus Mi 10 tersebut tersedia sejak bulan Maret 2021 melalui kanal penjualan online Mi.com dan Shopee maupun Authorized Mi Store di berbagai macam kota dengan banderol harga awal yang sangat kompetitif senilai Rp 9.999.000.

Meskipun harganya tak tembus Rp 10 Juta seperti kebanyakan handphone di kelas premium, flagship terbaru dari Xiaomi tersebut tentu bukan perangkat yang bisa dianggap remeh.

Mi 11 secara umum membawa sejumlah peningkatan penting jika dibandingkan dengan perangkat dari generasi sebelumnya, termasuk sektor layar, kinerja, fitur, hingga dukungan teknologi mutakhir di antaranya.

Handphone yang ingin menjadi produk flagship dengan banderol harga sebenarnya tersebut memang bukan perangkat sempurna. Meski masih mempunyai kekurangan, Mi 11 memiliki kelebihan-kelebihan yang bisa menutupinya.

Baca juga:

Kelebihan Xiaomi Mi 11

Mi 11 merupakan perangkat pertama yang menawarkan Snapdragon 888 sebagai dapur pacu. SoC kelas atas buatan Qualcomm ini bakal memanjakan para pengguna dengan berbagai macam kemampuannya.

Berbekal Qualcomm Kryo 680 berarsitektur ARM Cortex-X1 dan Adreno 660 yang diproses menggunakan teknologi pabrikasi 5 nm, Snapdragon 888 bahkan mampu mendorong skor perolehan AnTuTu Mi 11 menembus angka 745.942 dalam pengujian internal yang dilakukan oleh Xiaomi Indonesia.

Pengalaman bermain game atau mengolah pekerjaan yang berat tentu bakal terasa maksimal apabila dilakukan menggunakan perangkat berskor AnTuTu tinggi tersebut. Apalagi di dalamnya, Mi 11 pun mempunyai dukungan RAM LPDDR5 hingga sebesar 8 GB.

Keunggulan Mi 11 juga dapat terlihat dari peningkatan sektor layar yang disematkan oleh Xiaomi. Perusahaan asal Tiongkok itu kini telah menggunakan layar AMOLED E4 beresolusi WQHD+ (3200 x 1440 piksel) dengan tingkat penyegaran 120Hz dan sentuhan 480Hz.

Para penyuka film pun dapat mempertimbangkan Mi 11 karena layar perangkat tersebut juga sudah membawa dukungan HDR10+, tingkat kecerahan hingga 1.500 nits, rasio kontras 5.000.000:1, serta JNCD yang sangat baik.

Ditambah lagi di sektor multimedia, Mi 11 juga sudah memuat speaker ganda dengan penyetelan suara berkualitas tinggi yang digarap bersama para pakar akustik dari tim Harman Kardon.

Baterai berkapasitas 4.600mAh yang mempersenjatai Mi 11 juga sudah hadir dengan teknologi pengisian cepat berdaya 55W melalui kabel, 50W secara nirkabel, serta reverse charging 10W.

Yang mana berdasarkan keterangan Xiaomi, baterai Mi 11 bakal terisi penuh dalam kurun waktu 45 menit menggunakan pengisian kabel atau 53 menit jika secara nirkabel dari kondisi benar-benar habis.

Harganya yang cukup terjangkau bahkan tak menghilangkan sejumlah fitur unggulan seperti Wi-Fi 6, Bluetooth 5.2, NFC, IR Blaster, hingga sensor pindai sidik jari di dalam layar yang bakal berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Secara keseluruhan, beberapa kelebihan di atas dapat menjadi bahan pertimbangan penting saat pengguna ingin meminang Mi 11 karena perangkat tersebut pun mempunyai kekurangan yang tak boleh dilupakan.

Kekurangan Xiaomi Mi 11

Hadir dengan harga lebih terjangkau, Mi 11 tampaknya memang harus memangkas beberapa fitur flagship yang menjadi unggulan berbagai macam handphone di kasta tertinggi.

Salah satu di antaranya adalah sertifikat tahan air dan debu. Meskipun Xiaomi mengklaim bahwa Mi 11 mengusung desain splash-proof, tetapi masih kurang meyakinkan tanpa adanya label khusus seperti IP68.

Bagi beberapa orang, kualitas foto yang dihasilkan oleh Mi 11 pun masih tergolong biasa saja dan belum masuk ke dalam kategori premium. Kamera perangkat tersebut bahkan menanggalkan lensa telefoto dari konfigurasinya.

Kapasitas penyimpanan internal sebesar 256 GB memang sudah sangat pas untuk sekarang. Namun meskipun demikian, hilangnya slot untuk memori internal pun wajib dipertimbangkan apabila kamu mempunyai aktivitas dengan konsumsi penyimpanan sangat besar.

Mi 11 merupakan perangkat yang sangat menarik dengan berbagai macam kelebihannya. Namun sebelum membelinya, jangan lupa untuk mempertimbangkan kekurangannya.