Meskipun tidak ramai diperbincangkan, vivo Y16 bisa kamu lirik ketika ingin membeli smartphone karena memiliki harga yang lumayan bersaing. Namun, apakah perangkat ini memang layak untuk dipertimbangkan?

Seperti halnya seri vivo Y pada umumnya, vivo Y19 turut meramaikan pasar menengah ke bawah dengan harga banderol mencapai Rp 2.999.000.

Harga yang tidak terpaut jauh dari kebanyakan smartphone baru yang hadir di kelas tersebut mengartikan bahwa perangkat ini harus bersaing sengit dengan merek lain. Untuk itulah, perangkat ini mengusung beberapa kelebihan berikut yang membuatnya terlihat lebih menarik.

Kelebihan vivo Y19

Baca juga:

Smartphone ini hadir dengan menawarkan kapasitas yang lega, baik untuk RAM maupun penyimpanan internalnya. Dengan memadukan RAM 6 GB dan penyimpanan 128 GB, vivo Y19 terbilang sudah cukup mampu memenuhi kebutuhan pengguna masa kini.

Perangkat ini pun hadir dengan dengan baterai jumbo yang didukung pengisian cepat sebagai andalan. Dengan kapasitas baterai 5.000mAh yang dimilikinya, kamu tentunya bisa melewati hari-harimu tanpa perlu sering-sering melakukan pengisian daya.

Bahkan berkat kapasitasnya yang lumayan besar, perangkat ini juga sudah dilengkapi dengan fitur OTG Reverse Charging yang mengizinkan kamu mengisi daya perangkat lain lewat kabel data.

Hadirnya pengisi cepat Dual-Engine Fast Charging (18 Watt) juga akan menambah kenyamanan kamu saat harus melakukan pengisian daya. Selain bisa mempersingkat waktu pengisian, Dual-Engine Fast Charging vivo juga dilengkapi dengan 9 lapisan proteksi keamanan.

Kelebihan dan Kekurangan vivo Y19 Baterai
Selain itu, vivo Y19 disokong juga oleh dukungan kamera yang cukup mumpuni karena telah dilengkapi dengan tiga kamera belakang berkonfigurasi 16 MP + wide-angle 8 MP + makro 2 MP hingga piranti lunak berbentuk multi-mode camera AI.

Bagi kamu yang suka bermain game seluler, vivo Y19 juga menghadirkan beragam fitur untuk game seperti Ultra Game Mode atau Voice Changer. Dengan fitur ini, kamu bisa lebih nyaman bermain game atau membuat privasimu lebih terjaga saat berkomunikasi melalui voice chat.

Kekurangan vivo Y19

Menurut saya pribadi, SoC yang digunakan vivo Y19 mejadi salah satu catatan utama yang perlu dipertimbangkan lagi. Bukan karena kurang bertenaga, tapi karena ada beberapa smartphone baru yang membawa SoC lebih garang.

Sebagai bahan pertimbangan, vivo Y19 masih menggunakan SoC MediaTek Helio P65 yang mana kurang lebih setara dengan SoC Qualcomm Snapdragon 665 yang juga banyak digunakan di kelas menengah ke bawah.

Kelebihan dan Kekurangan vivo Y19 Kinerja
Hanya saja, saat ini sudah ada beberapa perangkat yang sudah menggunakan Snapdragon 712 di rentang harga serupa sehingga memiliki kemampuan jauh lebih unggul dari kedua SoC tersebut.

Sementara catatan kecil lainnya bisa dilihat dari port pengisian dan data yang dimiliki. Walaupun diperkenalkan pada tahun 2019, namun vivo Y19 ternyata masih menggunakan port lawas Micro-USB dibandingkan port yang lebih baru seperti beberapa smartphone lain yang sudah memakai.