Setelah diluncurkan di Indonesia, kini nama realme X semakin populer karena mempunyai spesifikasi hardware menarik dengan harga yang terjangkau.

nah, realme X sendiri hadir dengan desain layar penuh tanpa poni sama sekali yang membuat penggunanya leluasa dalam menonton video atau bermain game. Sementara performanya tidak perlu diragukan lagi.

Untuk itu, bagi anda yang penasaran dengan kelebihan dan kekurangan dari realme X maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini.

Kelebihan realme X

Terkait

1. Layar Penuh Super AMOLED

Agar mampu menampilkan gambar lebih baik, realme X hadir dengan layar berteknologi Super AMOLED yang lebih cerah dan tajam dibandingkan teknologi IPS. Sementara layarnya benar-benar memenuhi bagian depan tanpa poni berkat kamera depannya yang menggunakan sistem pop-up.

Dalam meminimalisir terjadinya goresan, lapisan pelindung Corning Gorilla Glass 5 telah disematkan pada bagian atas layarnya. Layarnnya juga mempunyai lebar 6,53 inci dengan resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel).

2. Performa Ngebut

Smartphone ini mempunyai performa yang tidak diragukan lagi karena menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 710 Octa-Core dengan performa yang ngebut. Untuk mengimbangi kemampuan chipset tersebut, realme X hadir dengan dua varian yang terdiri dari RAM 4 GB + ROM 128 dan RAM 8 GB + ROM 128 GB.

3. Kamera Menarik

Perangkat terbaru realme ini hadir dengan dua kamera belakang yang mempunyai kombinasi kamera utama 48 MP dan kamera sekunder 5 MP yang dapat menghasilkan foto dengan bagus. Sementara kamera depannya mempunyai resolusi 16 MP yang dapat memanjakan pencinta selfie.

4. Fingerprint Dalam Layar dan Face Unlock

Penggunaan teknologi Super AMOLED membuat sensor fingerprint dapat disematkan di dalam layar. Sementara fitur Face Unlock juga masih hadir pada smartphone ini yang memudahkan penggunanya untuk membuka kunci layar dengan wajah.

5. Baterai dan VOOC Flash Charge 3.0

Dengan kombinasi chipset yang hemat mengonsumsi daya dan baterai berkapasitas 3.765 mAh, pihak realme mengklaim bahwa daya tahan baterainya dapat berlangsung lama ketika digunakan dalam pemakaian normal. Fitur VOOC Flash Charge 3.0 yang hadir di dalamnya memungkinkan pengisian daya baterai dari 0% hingga 55% dapat berjalan hanya dalam waktu 30 menit.

6. ColosOS 6 Berbasiskan Android 9 Pie

Produk ini telah menggunakan ColorOS 6 yang berbasiskan sistem operasi Android 9 Pie. Bisa dibilang sistem operasi ini memiliki beragam fitur menarik, mulai dari dual-split multitasking, clone apps, efisiensi baterai, dan masih banyak lagi.

Kekurangan realme X

1. Tidak ada NFC

Untuk ukuran smartphone di kisaran Rp 3,5 juta ke atas, seharusnya realme X sudah mempunyai NFC. Oleh karena itu cukup disayangkan kalau pihak realme tidak menyematkan NFC di dalamnya, yang padahal sudah mulai digunakan oleh banyak orang untuk transaksi digital, transfer data, atau berbagai hal lainnya.

2. Tidak ada microSD

Dengan storage internal yang punya kapasitas besar, realme X ini tidak memiliki slot microSD. Padahal terkadang apabila kapasitas penyimpanan internalnya hampir penuh maka microSD bisa menjadi solusi sebagai penyimpanan tambahan.