Hadir sebagai bentuk penyegaran dari lini realme 5, realme 5s pastinya memiliki perubahan yang membuatnya patut dipertimbangkan sebagai pegangan tangan yang baru.

Perangkat baru dari realme ini menawarkan paket yang cukup komplit mulai dari SoC yang bertenaga, kapasitas baterai yang cukup besar, hingga kamera yang lebih mumpuni ketimbang versi sebelumnya.

Secara lebih detail, berikut ini kelebihan dan kekurangan realme 5s berdasarkan spesifikasi teknis yang dimilikinya. Sebagai catatan, pengalaman yang diberikan mungkin bisa jadi berbeda dari yang kami jelaskan.

Kelebihan realme 5s

Terkait

Selayaknya realme 5, perangkat baru ini juga mengandalkan Qualcomm Snapdragon 665 yang sudah cukup bertenaga. Kamu yang gemar bermain game tak perlu khawatir akan kehilangan pengalaman terbaik saat memainkan game favoritmu.

Snapdragon 665 hadir dengan berbagai macam sumber daya di dalamnya, dari GPU Adreno 610 hingga DSP Hexagon 686, yang bakal menjamin sebagian besar permainan tetap bisa berjalan di pengaturan grafis tinggi dengan pengalaman yang tetap halus saat dimainkan.

Lebih-lebih lagi, untuk mengimbangi SoC fabrikasi 11 nm tersebut, realme 5s pun sudah memadukannya dengan RAM berkapasitas 4 GB dan penyimpanan internal yang bisa dipilih antara 64 GB atau 128 GB.

Selain itu, realme 5s juga sudah dilengkapi dengan baterai yang sangat besar. Meskipun baterai 5.000mAh-nya bukan yang terbesar untuk sekarang ini, tetapi kamu masih bisa bertahan seharian penuh dan bermain game lama-lama dengannya.

Penyematan kamera yang lebih baik dari versi sebelumnya juga menjadi kelebihan yang tak boleh kamu lewatkan. Perangkat ini dilengkapi dengan kamera utama berjumlah empat buah dalam konfigurasi 48 MP + ultra-wide 8 MP + potret 2 MP + makro 2 MP.

Kamera depannya pun tak boleh dipandang sebelah mata, karena sudah memiliki resolusi yang sudah cukup tinggi. Dengan kamera depan beresolusi 13 MP, kamu pastinya dapat menghasilkan foto selfie yang lebih baik dengan gambar yang lebih tajam.

realme 5s juga memiliki fitur-fitur pendukung yang cukup menjanjikan untuk sebuah perangkat di kelas menengah. Perangkat ini punya fitur-fitur kunci seperti fingerprint, giroskop dan akselerometer, lapisan pelindung Gorilla Glass 3+ , dan lain sebagainya.

Kekurangan smartphone realme 5s

Sebagai perangkat menengah, beragam kekurangan cukup wajar jika hadir di dalam perangkat realme 5s. Namun yang paling saya garis bawahi dan sayangkan adalah penggunaan layar di perangkat ini.

realme 5s memiliki layar yang cukup besar. Sayangnya, di layar yang berukuran 6,5 inci tersebut, realme 5s masih menggunakan resolusi HD+ tepatnya 1600 x 720 piksel dibandingkan realme 5 Pro yang sudah Full HD.

Meskipun begitu, resolusi yang lebih rendah ini bakal membuat baterai lebih irit. Sebab, semakin kecil resolusi layarnya maka semakin kecil energi yang dibutuhkan untuk menghidupkan layar tersebut.

Selain layarnya, catatan lain yang perlu dipertimbangkan untuk perangkat ini adalah antarmuka USB yang digunakannya. Sebagai smartphone kekinian yang menyasar generasi muda, cukup disayangkan perangkat ini masih menggunakan antarmuka Micro-USB.