Pada bulan Maret 2021, realme secara resmi telah menghadirkan handphone entry-level terbarunya yang bernama realme C21 di Indonesia.

Sebagai realme seri C terbaru, handphone ini hadir dengan harga terjangkau yang diimbangi dengan spesifikasi menjanjikan. Selain baterai berkapasitas besar, handphone yang satu ini pun dilengkapi dengan layar besar.

Bahkan handphone ini juga hadir dengan multi kamera untuk membuat penggunanya dapat menghasilkan foto kreatif. Meskipun memiliki beberapa keunggulan, namun kamu juga harus mengetahui kekurangan realme C21 yang perlu diketahui sebelum membelinya.

Kelebihan realme C21

Baterai berkapasitas 5.000mAh yang hadir pada realme C21 diklaim mampu bertahan hampir seharian dalam pemakaian normal. Bahkan handphone ini mempunyai fitur Reverse Charging yang membuatnya dapat menjadi powerbank bagi handphone lain.

Baca juga:

Tak hanya sampai di situ saja, terdapat juga fitur Super Power Saving Mode yang mampu menjaga baterai dapat bertahan lama ketika daya sudah mendekati kondisi kritis.

realme mengklaim pada saat fitur Power Saving Mode aktif, maka baterai dengan sisa 5% mampu bertahan selama 2,23 jam untuk telepon, 1,43 jam untuk WhatsApp, 1,51 jam untuk Instagram, 1,36 untuk memutar video di YouTube, 4,78 jam untuk menjalankan lagi di Spotify, atau 2,37 hari dalam kondisi siaga.

Chipset MediaTek Helio G35 Octa-Core 2,3 GHz yang hadir pada perangkat ini dapat menjalankan aplikasi dan game casual dengan lancar. Apalagi realme C21 hadir dengan dua varian yang terdiri dari RAM 3 GB + ROM 32 GB seharga Rp 1.699.000 dan RAM 4 GB + ROM 64 GB seharga Rp 1.999.000.

realme C21 sendiri dibekali layar 6,5 inci dengan resolusi HD+ (1600 x 720 piksel), teknologi IPS LCD, dan poni berbentuk waterdrop yang mampu membuat pengguna dapat menikmati video secara leluasa.

Mengikuti tren saat ini, realme C21 hadir dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 13 MP, makro 2 MP, dan depth 2 MP. Untuk keamanannya, sensor fingerprint dan fitur Face Unlock pun telah disematkan pada perangkat ini untuk memudahkan pengguna dalam membuka kunci layar.

Kekurangan realme C21

Dengan kapasitas baterai yang besar, handphone yang satu ini belum dibekali dengan fitur pengisian daya cepat. Padahal produk dari perusahaan kompetitor di kisaran harga sama banyak yang sudah ada menggunakan fitur Fast Charging.

Selain itu, kamera makro yang dibawa oleh handphone ini hanya beresolusi 2 MP sehingga hasilnya kurang bagus ketika dicetak pada kertas foto. Namun apabila hanya sekedar untuk dibagikan ke jejaring sosial atau aplikasi perpesanan, maka masih dapat ditoleransi hasilnya.