Beberapa hari lalu, Xiaomi meluncurkan handphone sub-brand kelas menengah yang bernama POCO C3 di India. Dibandingkan seri-seri sebelumnya, perangkat ini masuk kategori entry-level karena mempunyai harga yang murah.

POCO C3 juga hadir dengan dukungan baterai berkapasitas besar yang memiliki daya tahan lama. Adapun kapasitas RAM dan penyimpanan internalnya cukup menarik untuk ukuran handphone kelas bawah.

POCO C3 juga sudah mengikuti tren saat ini dengan menggunakan dukungan tiga kamera belakang. Nah bagi kamu yang penasaran dengan kelebihan dan kekurangannya, maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini.

Kelebihan POCO C3

Dari sektor hardware, Xiaomi membenamkan Helio G35 Octa-Core berkecepatan maksimal 2,3 GHz sebagai dapur pacu dari POCO C3. Bisa dibilang chipset besutan MediaTek ini menjadi banyak pilihan perusahaan handphone untuk menjadikan otak dari perangkat kelas bawahnya karena irit dalam mengonsumsi daya baterai.

Baca juga:

Dukungan RAM 3 GB atau 4 GB didaulat untuk mendampingi performa dari chipset tersebut, sedangkan penyimpanan internalnya pun mempunyai pilihan kapasitas 32 GB atau 64 GB. Namun apabila kapasitas ini dirasa kurang lega, maka pengguna dapat menambahkan microSD.

POCO C3 juga membawa baterai berkapasitas 5.000mAh yang dapat bertahan lama dalam pemakaian normal. Beralih ke bagian depan, handphone ini sudah menggunakan layar penuh berponi waterdrop yang sedang tren untuk saat ini.

Layarnya juga mempunyai lebar 6,43 inci dengan resolusi HD+ (1600 x 720 piksel) dan dilindungi Panda Glass. Berkat teknologi IPS LCD, pengguna masih dapat melihat konten pada layar hingga sudut kemiringan 178 derajat.

Handphone ini juga hadir dengan dukungan tiga kamera belakang yang mempunyai kombinasi kamera utama 13 MP, sekunder 2 MP, dan makro 2 MP. Tak ketinggalan juga dukungan dua kartu SIM, jaringan 4G-LTE, WiFi, Bluetooth, FM Radio, dan MIUI 12 berbasiskan Android 10 telah dibenamkan pada POCO C3.

Kekurangan POCO C3

Dengan harga Rp 1,5 juta untuk varian RAM 3 GB + ROM 32 GB dan Rp 1,8 juta untuk RAM 4 GB + ROM 64 GB, sangat disayangkan ternyata POCO C3 tidak dibekali dengan sensor fingerprint. Padahal handphone dari kompetitornya sudah dibekali sensor tersebut di rentang harga ini.

Sementara itu, kamera makro dari POCO C3 hanya mempunyai resolusi 2 MP yang kemungkinan besar hanya cocok untuk sebatas diunggah ke media sosial atau lainnya karena mempunyai resolusi yang cukup kecil.

Meskipun baterainya berkapasitas besar, namun handphone ini hanya memiliki adaptor charger 10W sehingga pengisia daya baterainya tidak akan terlalu cepat. Dengan kata lain, kamu harus bersabar agar kapasitas baterainya bisa kembali terisi penuh.