realme C25 merupakan handphone kelas menengah realme yang mengunggulkan baterai berkapasitas besar dan pengisian daya cepat.

Produk ini pun sudah dibekali dengan chipset kelas menengah buatan MediaTek yang diciptakan khusus gaming. Mengikuti tren saat ini, realme C25 sudah dilengkapi dengan dukungan multi kamera.

Meskipun handphone ini menawarkan banyak kelebihan, namun kamu juga harus mengetahui kekurangan yang dibawanya agar bisa menjadi pertimbangan sebelum membelinya di Indonesia.

Kelebihan realme C5

realme C25 hadir dengan dukungan baterai berkapasitas 6.000mAh yang diklaim realme mampu bertahan selama 9,78 jam untuk memainkan game Mobile Legends, 25 jam untuk memutar video di YouTube, atau 115 jam untuk memainkan musik di Spotify.

Baca juga:

Untuk dapur pacunya, realme C25 diotaki chipset MediaTek Helio G70 Octa-Core yang dapat menjalankan aplikasi maupun game dengan lancar. Terdapat fitur MediaTek HyperEngine yang mampu meningkatkan performa handphone ketika game sedang dijalankan.

Perangkat ini hadir dengan dua varian yang terdiri dari RAM 4 GB + ROM 64 GB seharga Rp 2,3 juta dan RAM 4 GB + ROM 128 GB seharga Rp 2,5 juta. Semua varian sudah dilengkapi dengan slot microSD.

Secara kasat mata, realme C25 mempunyai layar penuh 6,5 inci dengan teknologi IPS LCD dan poni berbentuk tetesan air di bagian atasnya. Handphone ini pun mempunyai kamera depan beresolusi 8 MP yang dapat digunakan untuk foto selfie maupun Face Unlock.

Beralih ke bagian belakangnya terdapat dukungan tiga kamera yang terdiri dari kamera utama 48 MP, makro 2 MP, dan mono 2 MP. Tak ketinggalan juga dukungan dua kartu SIM, jaringan 4G-LTE, WiFi, Bluetooth, sensor fingerprint, dan realmeUI 2.0 berbasiskan Android 11 telah hadir pada realme C25.

Kekurangan realme C25

realme C25 tidak dibekali dengan kamera ultrawide padahal handphone lain di kelas yang sama rata-rata sudah memilikinya. Bisa dibilang kamera ultrawide berguna untuk mengabadikan momen dengan area yang luas atau banyak orang di dalamnya.

Sementara itu, kamera makro dari handphone ini hanya mempunyai resolusi 2 MP yang hasilnya tidak terlalu bagus ketika dicetak pada kertas foto. Namun foto makronya masih dapat ditolerir apabila hanya untuk sebatas dibagikan kepada orang lain melalui jejaring sosial atau antar handphone.

Cukup disayangkan realme C25 juga masih memakai layar dengan resolusi HD+ karena handphone masa kini di kisaran harga Rp 2 jutaan sudah biasa menggunakan layar dengan resolusi Full HD+. Sebenarnya hal ini masih bisa dimaklumi bagi pengguna yang tidak terlalu memedulikan visual.

Meskipun mempunyai kekurangan, namun realme C25 membawa kelebihan yang lebih banyak sehingga masih bisa menjadi handphone pilihan di rentang Rp 2,3 juta hingga Rp 2,5 juta.