Ketika orang-orang di masa kini sudah semakin dinamis dalam berkarya lewat smartphone, ada banyak cara pula yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat pengaturannya jadi lebih gampang. Termasuk dalam hal pengaturan dan edit video. Kita rupanya bisa memotong rekaman yang tidak diinginkan dari video hanya dengan mengandalkan android.

Kebanyakan orang mungkin belum tahu perihal ini. Sebab yang banyak diketahui orang adalah, kemudahan android dalam memfasilitasi pengeditan foto, tapi tidak untuk video. Makanya, pada artikel kali ini, kita akan mengupas tuntas tentang tata cara memotong dan mengedit video super mudah menggunakan android.

Mengapa harus dipotong? Sebab mungkin saja di antara sekian momen yang Anda rekam, ada beberapa bagian yang tidak diperlukan, misalnya karena Anda gagal rekam atau mungkin memang tidak termasuk bagian yang mendukung bagusnya video secara keseluruhan. Jadi, ketika Anda sudah akrab melakukan cropping foto atau gambar, Anda juga sangat bisa untuk melakukan pemotongan video Anda di durasi-durasi yang tidak perlu.

Untuk penjelasan lebih teknis seputar cara potong video di Android, mari simak uraian berikut ini:

1. Rekam Video Anda

Terkait

Memotong dan mengedit video tak akan mungkin, jika Anda tidak memiliki obyek video yang akan dipotong. Nah, segeralah mulai video Anda dengan membuka aplikasi kamera, lalu set ke pengaturan untuk pengambilan video.

Setiap orang memiliki teknik perekaman video yang berbeda-beda. Mungkin ada yang menggunakan tripod, ada pula yang langsung menggunakan tangan. Tapi terlepas dari bagaimana cara Anda mengumpulkan rekaman, kami akan siap membantu Anda jika ingin memotong momen video yang dirasa tidak dibutuhkan. Setelah merekam gambar, segeralah menyimpannya sehingga ia bisa otomatis tersimpan di gallery.

2. Mari Mulai Memotong

Carilah video yang telah Anda rekam di folder gallery. Klik video tersebut, lalu carilah ikon berupa titik tiga, atau tombol “Edit”. Nantinya di sana akan secara otomatis keluar instruksi “Potong” di antara pilihan menu yang ada.

Anda nantinya akan menemukan trim selector di bagian bawah. Terdapat selektor warna biru di sisi kiri untuk memilih titik awal video, sementara yang kanan berfungsi untuk menetapkan titik akhir video yang akan dipotong.

3. Telitilah!

Anda bisa menggerakkan selector sesuai keinginan, menyesuaikan dengan bagian video mana yang ingin Anda potong. Telitilah tentang durasi agar pemotongan video lebih akurat. Anda tidak perlu khawatir sebab sebelum Anda menyimpan video setelah dipotong, ada layanan preview yang memungkinkan Anda mengecek benar tidaknya durasi pemotongan.

4. Tap “Save”

Setelah pemotongan video selesai dan dirasa pas antara waktu dan momennya, silakan klik “save” untuk menyimpan video yang sudah dipotong.

5. Selesai

Selamat menikmati video hasil edit Anda, di mana di dalamnya bersih dari hal-hal yang memang perlu dipotong karena mungkin ada di luar konten, atau berpotensi merusak video. Kemudahan mengedit video dan memotongnya ini sangat bisa Anda andalkan untuk berkarya lebih giat lagi.

Sebagai contoh, ketika Anda ingin mengupload video ke Youtube, Anda hanya perlu mengandalkan smartphone Anda. Ambillah video dengan kamera handphone Anda, lalu segeralah tekun mengeditnya di smartphone yang sama. Anda pun tak perlu repot-repot memindah-mindahkan file ke komputer dan akan makan waktu lama.

Dengan kemudahan yang tersaji dalam mendukung karya kreatif Anda, marilah mengoptimalkannya dengan baik. Salah satu caranya yakni dengan membuat video yang bermutu, lalu silakan membagikannya di YouTube. Boleh jadi upaya Anda ini bukan hanya mendatangkan inspirasi untuk banyak orang, tapi bisa menjadi viral dan mengundang materi yang berlimpah untuk finansial Anda.

Selamat mencoba!