Pemutaran video otomatis adalah salah satu praktik lebay di internet, mengkonsumsi data dan sumber daya sistem. Untungnya Google memperkenalkan tool baru di Play Store yang memungkinkan pengguna untuk menonaktifkannya.

Ditemukan oleh 9to5Google, versi 17.9.17 dari aplikasi Google Play Store sekarang bisa menonaktifkan video ini.

Pengaturan Play Store dapat diakses dengan mengunjungi pengaturan> umum> memutar video secara otomatis. Di situ, Anda bisa memilih memutar video secara otomatis melalui Wi-Fi atau menonaktifkan sepenuhnya.

Opsi untuk menonaktifkan pemutaran video otomatis di Play Store pertama kali muncul bulan lalu sebagai bagian dari peluncuran terbatas. Tapi sekarang sepertinya Google telah meluncurkan opsi untuk semua pengguna.

Tentu kami senang melihat toggle ini, karena video yang diputar otomatis biasanya melahap data. Pengaturan ini menjadi sangat penting di wilayah di mana data seluler terbatas dan/atau paket data internet mahal.

Baca juga:

Pengaturan ini terintegrasi dengan ‘tombol’ putar otomatis Google Chrome di desktop dan Android, memungkinkan Anda untuk memblokir praktik menjengkelkan di seluruh web.