Pada bulan Maret 2020 silam, Samsung secara resmi meluncurkan handphone Android murah yang bernama Galaxy A01 di Indonesia.

Berbekal layar penuh berponi dengan resolusi HD+ (1520 x 720 piksel), Samsung Galaxy A01 mampu menampilkan video, foto, maupun dokumen dengan baik. Namun apa jadinya apabila kita ingin mengabadikan konten yang ditampilkan oleh layar handphone ini?

Tentu saja kita dapat menangkap layar atau yang lebih dikenal sebagai screenshot dengan beberapa metode untuk mengabadikan isi konten yang muncul pada Galaxy A01. Terkadang hasil gambar screenshot ini digunakan sebagai bukti transaksi, chat, dan lainnya yang dapat diperlihatkan kepada orang lain.

Kamu sendiri dapat mengambil screenshot pada Galaxy A01 dengan dua metode yang terdiri dari kombinasi tombol fisik dan assistant menu pada layar. Bagi kamu yang belum tahu kedua cara tersebut, maka dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini.

Cara Mudah Screenshot Samsung Galaxy A01

Baca juga:

Kombinasi Tombol Fisik

  1. Cari area yang akan di-screenshot pada handphone Galaxy A01
  2. Tekan tombol fisik power dan volume bawah bersamaan selama beberapa saat
  3. Tunggu hingga terdengar suara shutter berbunyi dan layar berkedip
  4. Jika berhasil, akan muncul tampilan preview dari screenshot melayang
  5. Hasil screenshot dapat langsung dilihat melalui notifikasi atau Gallery.

Sebenarnya metode screenshot dengan kombinasi tombol fisik ini sudah umum digunakan oleh hampir semua handphone bersistem operasi Android. Apalagi pada saat produk Samsung sudah tidak menghadirkan tombol fisik home, semua perangkatnya langsung menggunakan kombinasi tombol power dan volume bawah.

Namun perlu diperhatikan, ada baiknya untuk tidak terlalu sering menggunakan tombol fisik untuk melakukan screenshot karena dapat menyebabkan tombol power maupun volume menjadi lebih cepat aus atau rusak.

Untuk itu, Samsung menghadirkan metode screenshot alternatif yang tidak melibatkan tombol fisik dan terbilang lebih praktis untuk digunakan.

Menggunakan Assistant Menu

  1. Pertama, buka menu atau aplikasi Settings
  2. Kemudian pilih menu Accessibility
  3. Akses menu Interaction and dexterity
  4. Selanjutnya, aktifkan Assistant Menu pada halaman Intercation and dexterity
  5. Setelah fitur aktif, maka akan ada Assistant Menu akan melayang di layar
  6. Langkah berikutnya, pilih area yang akan di-screenshot
  7. Buka Assistant Menu dan tekan Screenshot
  8. Layar akan berkedip dan suara shutter sebagai tanda screenshot
  9. Kamu dapat mengakses hasil screenshot dari menu notifikasi atau membuka aplikasi Gallery

Kedua metode screenshot pada Galaxy A01 ini sama-sama mudah diterapkan. Menggunakan kombinasi tombol fisik merupakan cara yang paling cepat, namun apabila kamu ingin membuat tombol power dan volume tidak cepat rusak maka dapat menggunakan fitur Assistant Menu.