Realme 3 Pro merupakan salah satu smartphone buatan realme yang memiliki spesifikasi menarik untuk rentang harga di kelasnya.

Layar dari smartphone ini mempunyai lebar 6,3 inci dengan resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel), berteknologi IPS, dan beraspek rasio 19.5:9 yang membuat penggunanya leluasa dalam menikmati konten di dalamnya.

Sebagai sebuah smartphone, tentu saja realme 3 Pro memiliki banyak fitur yang bisa digunakan oleh penggunanya. Namun tidak semua penggunanya sudah mengetahui cara untuk melakukan screenshot di realme 3 Pro untuk mengangkap tampilan layar agar bisa disimpan ke galeri.

Untuk itu, kamu dapat langsung melihat tutorialnya sebagai berikut ini yang sangat mudah untuk diikuti.

Terkait

Cara Screenshot di realme 3 Pro dengan Kombinasi Tombol Fisik

  1. Pertama, tentukan area yang akan kamu screenshot terlebih dahulu.
  2. Setelah berada di area tersebut, maka kamu dapat menekan tombol fisik power dan volume bawah secara bersamaan selama beberapa saat.
  3. Tunggu hingga terdengar suara shutter dan layar berkedip yang menandakan screenshot sudah diambil.
  4. Hasil screenshot akan muncul pada menu notifikasi atau bisa juga diakses melalui aplikasi Photos

Sebagai salah satu smartphone bersistem operasi Android, kamu dapat melakukan screenshot dengan menggunakan kombinasi tombol.

Bisa dibilang cara yang satu ini dapat digunakan di hampir semua smartphone Android karena sudah tersedia secara bawaan. Namun perlu diperhatikan bahwa kamu jangan terlalu sering screenshot dengan menggunakan kombinasi ini agar tombol fisiknya tetap awet.

Menggunakan Kombinasi 3 Jari

  1. Pertama, kamu dapat mengunjungi aplikasi atau menu Settings pada realme 3 Pro.
  2. Kemudian, kamu dapat memilih menu Convenience Aid.
  3. Pada halaman Convenience Aid, kamu dapat memilih Gesture & Motion.
  4. Selanjutnya, kamu dapat mengaktifkan 3-Finger Screenshot pada menu Gesture & Motion.
  5. Setelah aktif, kamu dapat menentukan area yang akan di-screenshot.
  6. Setelah area dipilih, maka kamu dapat langsung menyapu layar dari atas ke bawah dengan 3 jari yang dirapatkan.
  7. Kamu akan melihat layar berkedip diiringi dengan suara shutter yang menandakan bahwa screenshot telah selesai dilakukan.
  8. Kamu dapat langsung mengunjungi aplikasi Photos atau menu notifikasi untuk melihat hasil screenshot tersebut.

Realme 3 Pro sudah menggunakan sistem operasi ColorOS 6 berbasiskan Android 9 Pie. Sistem operasi yang telah dimodifikasi ini memungkinkan kamu menggunakan fitur menarik dengan kombinasi 3 jari.

Sebenarnya, kamu tidak perlu lagi ke menu Settings agar mengatur 3-Finger Screenshot aktif karena pihak realme sudah mengaktifkan fitur ini sejak kamu menyalakan realme 3 Pro untuk pertama kalinya. Namun tidak ada salahnya untuk mengecek apakah benar aktif atau tidak.

Bisa dibilang kedua cara ini sama-sama praktis untuk dilakukan. Namun apabila kamu ingin tombol fisik power dan volume down tetap awet maka sebaiknya menggunakan fitur screenshot dengan 3 jari. Jika kamu memiliki cara lain, maka dapat menuliskannya di kolom komentar di bawah ini.