Desain layar smartphone dengan notch atau poni di atasnya merupakan desain smartphone yang paling banyak dipakai mulai tahun 2019. Layar berponi dipopulerkan oleh Apple di perangkat iPhone mereka.

Poni lebar di iPhone dipakai buat penempatan kamera dan sejumlah sensor. Sejumlah ponsel Android pun ikut menggunakan poni (notch). Namun seiring berjalannya waktu poni di Android semakin kecil.

Notch di layar ponsel Android hanya digunakan untuk penempatan kamera depan saja. Bentuknya pun berbeda-beda dan yang paling populer yaitu poni berbentuk water drop dan berbentu huruf U.

Adanya poni membuat resolusi layar ponsel bisa menjadi lebih luas tanpa menambah ukuran body ponsel itu sendiri. Meski begitu, beberapa ponsel Android menyediakan opsi untuk menghilangkan poni.

Nah, di Redmi Note 7 yang menjalankan antarmuka MIUI 11 sudah ada fitur untuk menyembunyikan notch. Bagaimana caranya? Simak langkah-langkah berikut ini.

Baca juga:

Cara Mudah Menghilangkan Notch (Poni) di Redmi Note 7 MIUI 11

  1. Buka Setelan.
  2. Pilih Tampilan.
  3. Lalu pilih Notch & bar status.
  4. Selanjutnya pilih Sembunyikan notch.
  5. Silahkan pilih jenis sembunyikan notch yang kamu inginkan.

Saat ini Xiaomi menyediakan dua pilihan menyembunyikan poni. Pertama, menyembunyikan notch tanpa memindahkan bar status.

Artinya latar belakang bar status akan berubah menjadi warna hitam. Sedangkan teks dan ikon di bar status ditampilkan dengan warna putih.

Kedua, menyembunyikan notch lalu memindahkan bar status ke bawah. Di pilihan ini bagian poni menjadi warna hitam dan bar status didorong ke bawah. Jadi, bagian poni akan terlihat seperti bezel yang tebal.

Nah, itulah cara menyembunyikan notch di Redmi Note 7 MIUI 11. Silahkan dipilih jenis sembunyikan notch yang kamu inginkan.