WhatsApp telah menjadi alat komunikasi utama bagi saya. Walau begitu, tetapi kadang-kadang saya perlu untuk menonaktifkannya untuk sementara waktu, supaya tidak ada orang yang mengganggu.

Saat bekerja, misalnya, kadang saya memerlukan tingkat konsentrasi yang lebih tinggi dari biasanya karena materi yang dibahas sedikit lebih berat. Atau ketika sedang sakit atau kurang enak badan, agar saya bisa mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas.

Oleh karena itu, kami pun mencoba berbagai cara untuk menonaktifkan aplikasi WhatsApp untuk sementara waktu, yang sudah banyak diulas di internet. Dan sebagai hasilnya, saya menemukan satu aplikasi yang cukup bisa diandalkan untuk melakukannya.

Cara Mudah Menonaktifkan WhatsApp Untuk Sementara Waktu

Terkait

Aplikasi yang cukup manjur tersebut adalah Datally, yakni sebuah aplikasi penghemat kuota yang dikembangkan oleh Google. Dengan aplikasi ini, selain bisa menghemat kuota hingga 30 persen, kita ternyata bisa mematikan data untuk aplikasi tertentu saja, termasuk untuk WhatsApp.

Menggunakan aplikasi ini untuk menonaktifkan WhatsApp terhitung sangat mudah, tetapi sebelum masuk ke cara menggunakannya, kita harus mengunduhnya terlebih dulu dari Google Play Store. Seperti aplikasi Google pada umumnya, aplikasi ini pun bisa diunduh secara gratis.

Setelah berhasil memasangnya, kita bisa membuka aplikasi tersebut, lalu mengizinkan beberapa izin hak akses, seperti untuk membaca status phone call atau untuk menampilkan notifikasi. Selanjutnya jika sudah masuk ke halaman utama, kemudian ketuk pada bagian Set up Data Saver.

Jika sudah aktif, klik pada bagian Manage data, gulir ke bawah dan klik Apps with low usage. Cari aplikasi WhatsApp, dan tekan tombol slider di sebelah kanan untuk mengubahnya ke posisi on. Jika sudah, kita bisa menutup aplikasi tersebut.

Sementara itu, jika di kemudian hari ingin mengaktifkan atau menonaktifkan WhatsApp kembali, kita bisa masuk ke aplikasi Datally lagi. Kemudian, kita hanya perlu mematikan atau menghidupkan fitur Data Saver di aplikasi tersebut untuk melakukannya.

Sebagai catatan penting, aplikasi WhatsApp akan menampilkan pemberitahuan seperti saat kita berada di daerah susah sinyal ketika Data Saver Datally aktif. Aplikasi tersebut akan menampilkan pesan “ You may have a messages”.

Namun meski demikian, jangan membuka pesan tersebut. Jika membukannya, beberapa kali pesan bisa bocor masuk ke layanan WhatsApp. Artinya, si pengirim dapat mengetahui bahwa pesannya sudah terkirim.

Selain itu, saat menggunakan aplikasi Datally, jangan lupa untuk menonaktifkan slider pada aplikasi-aplikasi online yang masih kita butuhkan seperti Slack atau Email, supaya mereka masih dapat bekerja secara normal.