Facebook merupakan salah satu jejaring sosial yang sukses merangkul jumlah pengguna mencapai lebih dari 1,5 miliar orang.

Meskipun banyak fitur yang ditawarkan, namun update status masih menjadi salah satu hal utama yang dilakukan oleh pengguna Facebook semenjak awal kelahirannya.

Bayangkan saja, status yang dibuat pada jejaring Facebook sudah menghadirkan beragam fitur tambahan menarik untuk penggunanya mulai dari stiker, foto 3D, mention, hashtag, GIF, dan masih banyak lagi.

Namun seperti pada jejaring sosial pada umumnya, terkadang ada saja komentar tidak pantas dari pengguna lain pada status pribadi yang telah dibuat. Apalagi saat status yang dibuat terbilang viral sehingga muncul banyak komentar negatif dari berbagai akun yang tentunya bisa memberikan efek negatif terhadap diri.

Terkait

Sebenarnya, Facebook sempat menghadirkan fitur menonaktifkan komentar pada menu yang tersedia dalam status pribadi yang telah dibuat di timeline kita. Namun kini fitur tersebut telah dihapus dan kamu hanya bisa menentukan siapa saja yang boleh mengomentari status pribadi yang telah dibuat.

Bagi kamu yang ingin tahu bagaimana cara menentukan siapa saja yang boleh mengomentari status pribadi di timeline, maka kamu bisa mengikuti tutorial berikut ini.

Cara Menonaktifkan Komentar di Facebook

  1. Pertama, buka aplikasi Facebook di smartphone kamu
  2. Selanjutnya, pilih menu berlambang garis tiga di bagian kanan atas aplikasi
  3. Kunjungi menu Settings & Privacy dan kemudian buka menu Settings
  4. Pada halaman berikutnya kamu dapat memilih Public Post
  5. Temukan kolom Public Post Comments dimana kamu bisa mengatur jenis privasi yang diinginkan
  6. Aktifkan salah satunya baik Public, Friend of friends, atau Friends sesuai dengan kamu inginkan
  7. Dalam hal ini, saya mengaturnya menjadi Friends sehingga hanya teman saja yang dapat berkomentar pada status pribadi yang dibuat.

Apabila kamu mengatur Public Post ke Public, maka semua orang akan dapat berkomentar pada status pribadi yang telah dibuat. Sementara Friend of Friends akan mengizinkan teman dari teman kamu untuk ikut berkomentar pada status pribadi yang dibuat.

Berbeda dengan status pribadi, kamu masih dapat menonaktifkan komentar pada status yang dibuat di grup Facebook dengan sangat mudah.

Cara Mematikan Komentar di Grup Facebook

  1. Cari status di dalam Grup yang ingin dihilangkan kolom komentarnya
  2. Pada bagian kanan atas status, pilih menu berlambang tiga titik
  3. Kemudian, kamu dapat memilih fitur Turn off commenting
  4. Setelah fitur ini aktif, pengguna Facebook lain tidak bisa mengomentari status kamu di grup
  5. Sebagai informasi lanjut, akan ada pemberitahuan yang mengatakan kalau kamu telah mematikan fitur komentari untuk post tersebut.

Dengan peraturan baru yang dihadirkan oleh Facebook, kamu masih dapat menonaktifkan komentar negatif pada status di Grup yang terbilang lebih terbuka untuk umum dengan akses yang lebih mudah. Di sisi lain, kamu hanya bisa membatasi siapa saja yang bisa mengomentari status pribadi yang telah dibuat di timeline sendiri.