Mengoptimalkan penggunaan smartphone baru merupakan hal mutlak. Sebab, selain turut mengapresiasi penggunaan teknologi mutakhir, cara ini secara otomatis akan menghindarkan diri kita dari kerugian setelah pembelian. Terkhusus smartphone Xiaomi Redmi Note 3, kita sudah sama-sama tahu bahwa sistemnya resmi dirilis dalam kondisi 4G terkunci. Tapi rupanya kita tetap bisa membuka koneksi 4G dengan cara khusus, loh!

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tuntas tentang cara membuka kunci 4G pada Xiaomi Redmi Note 3. Dengan begitu, Anda pun bisa menggunakan jaringan internet secara dinamis menyesuaikan dengan kebutuhan. Untuk penjelasan teknisnya, mari simak uraian berikut ini:

1. Menggunakan “Cara Rahasia”

Bagi pengguna yang ingin memakai jaringan 4G di Xiaomi Redmi Note 3, Anda bisa memanfaatkan menu rahasia yang akan kami jelaskan lebih lanjut di uraian selanjutnya. Jangan khawatir, sebab cara rahasia ini juga tetap bisa dipakai meski ponsel Anda sudah diperbarui ke MIUI versi 8.

2. Perhatikan Kartu SIM Anda

Terkait

Langkah paling pertama yang harus Anda lakukan ketika ingin membuka kunci jaringan $G adalah memastikan penggunaan SIM Card Anda terdukung untuk jaringan 4G LTE. Jika masih terbatas hanya di 3G, segeralah menukarkannya di gerai penyedia kartu SIM terdekat. Saat ini tidak akan sulit mendapatkan SIM Card yang mendukung koneksi 4G.

Setelah Anda memastikan bahwa kartu SIM Anda mendukung layar 4G, segeralah pasangkan di tempat SIM Slot pertama atau biasa disebut SIM 1. Tapi jika smartphone Anda hanya menyediakan slot satu SIM Card saja, maka Anda tinggal memasangkannya saja di sana.

3. Setting Mode Pesawat

Mode Pesawat atau Airplane Mode merupakan pengaturan handphone, sehingga smartphone Anda tidak bisa dikontak oleh siapapun dan dari mana pun. Mode ini biasanya dinyalakan saat Anda sedang naik pesawat, tapi tetap ingin menyalakannya tanpa mengganggu jaringan di pesawat.

Nah, ketika Anda ingin menggunakan cara rahasia agar bisa pakai jaringan 4G di Xiaomi Redmi Note 3, settinglah smartphone Anda ke mode pesawat. Setelah itu, bukalah atau longgarkanlah slot kartu SIM agar kartu SIM berjaringan 4G tidak terdeteksi oleh sistem.  

4. Masuk Ke Cara Rahasia dengan Kode Khusus

Setelah melakukan langkah pertama, kedua dan ketiga, masuklah ke menu panggilan, lalu masukkan kode rahasia dengan mengetik *#*#4636#*#*. Ini merupakan kode yang menjadi jalan pintas agar Anda bisa amsuk ke menu rahasia milik ponsel bersistem operasi Android lalu segera membuka jaringan 4G di Xiaomi Redmi Note 3.

Kode rahasia tersebut akan mengantarkan Anda pada pengaturan koneksi jaringan. Ketika menu terbuka, pilihlah “Phone Information 1”, lalu scroll ke posisi paling bawah. Di sana Anda akan menemukan tulisan “Set preferred network type”. Klik lah tulisan tersebut untuk melihat menu selanjutnya berupa daftar jaringan yang didukung oleh Redmi Note 3. Di sana ada sejumlah jaringan yang tersedia yakni 2G, CDMA, 3G, hingga 4G.

Sekali lagi kami mengingatkan, pastikan kartu SIM Anda tidak terpasang atau terpasang dalam keadaan longgar sebagaimana telah dijelaskan dalam poin 3. Sebab, jika kartu SIM terpasang, Anda tidak akan bisa mengubah pilihan jaringan.

5. Aktifkan “CDMA Only”

Sebagai langkah terakhir, pilihlah “CDMA Only” dari sekian banyak variasi jenis koneksi jaringan yang ada di menu rahasia tersebut. Setelah itu, keluarlah dari menu rahasia tersebut. Nah, setelah melakukan langkah-langkah di atas, Anda bisa segera memasang kembali kartu SIM Anda ke dalam slot yang semestinya. Nantinya, smartphone akan segera mencari jaringan yang sesuai.

Sembari ponsel Anda bekerja mencari jaringan, bukalah Menu Pengaturan Android segera setelah Anda menutup rahasia dan memasukkan kartu SIM. Anda harus langsung menuju ke “Setting”, lalu buka pilihan SIM Card and Mobile Network lalu pilih nomor yang dipasang di slot 1. Selanjutnya, cari tulisan “Preferred network type”. Pilihlah opsi Preferred 4G (CDMA) di antara pilihan-pilihan yang tersedia.

6. Selesai

Demikianlah cara Mudah Mengaktifkan 4G LTE di Xiaomi Redmi Note 3. Akhir kata, semuga artikel ini bermanfaat untuk Anda.