Cycle Count Baterai merupakan fitur iPhone yang tidak banyak orang mengetahuinya. Fitur ini biasanya digunakan untuk mengetahui berapa lama pemakaian perangkat iPhone. Contohnya saat kamu ingin membeli perangkat iPhone bekas pakai dan ingin mengetahui sudah berapa kali melakukan pengisian baterai dari 0–100% (1 cycle count).

Dalam laman Apple Support, juga disebutkan bahwa baterai iPhone bisa dibilang masih dalam kondisi normal jika memiliki Battery Health di atas 80% dalam setahun dan di bawah 500 Cycle Count. Tidak seperti usia yang akan terus berkurang seiring waktu, umur baterai iPhone dilambangkan dengan jumlah cycle count. Jika cycle count baterai iPhone sudah banyak, maka umur baterai sudah tua.

Nah, untuk mengetahui Cycle Count pada baterai iPhone, kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Pertama, Silahkan masuk ke aplikasi Settings. Kemudian Akses bagian Privacy => Analytics & Improvements.
  2. Pastikan bagian iPhone & Watch Analytics dalam posisi ON. Masuk ke Analytics Data. Cari list dengan nama “log-aggregated-….”, pilih yg paling baru dan buka.
  3. Salin semua teks di halaman ini. Caranya klik tahan lalu geser titik seleksi kanan ke bawah hingga semua teks terpilih, klik Copy.
  4. Buka aplikasi Notes lalu Paste semua teks tadi di catatan baru. Simpan dengan menekan Done.
  5. Gunakan fitur pencarian Notes dengan kata kunci BatteryCycleCount. Angka di bawah BatteryCycleCount adalah jumlah Cycle Count dari baterai perangkat iPhone itu sendiri. Selamat mencoba ya!

Baca juga: