Image: selular.id

Membayar Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) merupakan sebuah kewajiban bagi masyarakat. Pembayaran bisa dilakukan di beberapa tempat seperti Kantor Pos, bank yang ditunjuk oleh daerah setempat, atau mini market.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, hampir semua jenis transaksi pembayaran kini sudah bisa dilakukan secara online. Namun, tidak semua pengguna memiliki rekening Bank untuk dapat melakukan pembayaran.

Alvin Kumarga, Senior Vice President, Financial Products Traveloka, menyampaikan, Traveloka resmi bermitra dengan Pemerintah DKI Jakarta dan Jawa Barat (Depok), untuk berkolaborasi memberikan kemudahan akses pembayaran bagi masyarakat yang belum memiliki rekening bank.

“Bekerja sama dengan Pemerintah DKI Jakarta dan Jawa Barat (khususnya Depok), Traveloka melengkapi platformnya dengan fitur pembayaran PBB-P2 yang dapat ditemukan di dalam layanan Bills & Top-up. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengguna khususnya bagi mereka yang belum memiliki rekening bank,” papar Alvin.

Untuk dapat melakukan pembayaran tagihan PBB di Traveloka, pengguna bisa mengikuti beberapa tahap sebagai berikut:

Terkait
  • Buka aplikasi Traveloka versi 3.10 ke atas
  • Pilih Bills & Top-up pada halaman depan (bagian kiri bawah)
  • Pilih ikon PBB
  • Tentukan wilayah bangunan Anda (DKI Jakarta atau Jawa Barat)
  • Masukkan Nomor Objek Pajak (NOP) yang terdapat pada lembar SPPT
  • Tentukan tahun pembayaran
  • Halaman akan menampilkan jumlah tagihan dan pengguna dapat melanjutkan ke transaksi pembayaran

Untuk saat ini fitur pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) di Traveloka tersedia untuk wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat, yang secara bertahap juga akan tersedia untuk wilayah lain.

Berbagai alternatif channel pembayaran untuk pajak tentu dibutuhkan dan memudahkan masyarakat wajib pajak. Pembayaran harus dilakukan sebelum 31 Agustus 2019, agar terhindar dari sanksi denda.

Sumber: selular.id