Kabar gembira bagi kamu yang menggunakan LinkAja, layanan pembayaran digital yang semula bernama TCASH ini kini mendukung pembayaran untuk transaksi yang dilakukan melalui aplikasi Gojek.

Hal ini tentu saja menjadi sebuah keuntungan tersendiri. Bagi saya pribadi, hal ini bisa menyederhanakan layanan pembayaran yang saya gunakan. Saya kini bisa menyelesaikan berbagai macam transaksi, tanpa perlu memasang banyak aplikasi pembayaran.

Di aplikasi Gojek sendiri, kamu bisa menggunakannya untuk membayar Go-Ride, Go-Food maupun Go-Car. Namun supaya bisa menggunakan pembayaran ini, kamu perlu mengaktifkan pembayaran LinkAja dan menautkannya ke aplikasi serba ada Gojek.

Bagi kamu yang belum mengaktifkannya, kamu bisa mengaktifkannya secara langsung dari aplikasi LinkAja. Sementara untuk menautkannya, kamu bisa membuka aplikasi Gojek lalu mengetuk opsi More di bagian Gopay (di halaman utama). Selanjutnya, ketuk opsi Settings, lalu pilih opsi Manage payment methods.

Terkait

Di halaman Payment method, ketuk tombol Link yang terletak di sebelah kanan LinkAja. Selanjutnya, konfirmasi nomor telepon LinkAja yang kamu gunakan. Paling enak, kalau nomor teleponnya sama dengan nomor telepon yang digunakan di aplikasi Gojek.

Klik tombol Continue jika nomor sudah sesuai. Masukkan PIN LinkAja pada kolom yang disediakan, lalu ketuk tombol Lanjutkan. Setelah ada SMS masuk berisi kode OTP, masukkan kode tersebut di kolom Kode Verifikasi dan klik Proses.

Setelah berhasil, kamu akan menjumpai opsi LinkAja pada metode pembayaran yang bisa dipilih saat akan bertransaksi di aplikasi Gojek. Lalu, bagaimana cara untuk menggunakannya?

Seperti saat akan berbelanja atau menggunakan layanan Gojek pada umumnya, kamu bisa menggunakan transaksi pembayaran ini di detail transaksi yang dibuat. Secara lebih detail, kamu bisa menyimak contoh pemesanan Go-Ride berikut ini.

Buka fitur Go-Ride lalu pilih lokasi yang akan dituju. Selanjutnya, masukkan lokasi penjemputan sesuai dengan yang kamu inginkan. Namun sebelum menekan Order GoRide, klik tombol lainnya (titik tiga) di sebelah opsi Cash atau Gopay.

Setelah masuk ke bagian Select a payment method, selanjutnya ketuk opsi LinkAja untuk memindahkan tanda pilih. Jika sudah selesai, kamu bisa melanjutkan pemesanan Go-Ride seperti biasanya.

Sementara itu, selain bisa digunakan untuk membayar transaksi Gojek, LinkAja kini juga bisa digunakan untuk membayar layanan Grab. Bagi kamu yang belum tahu, tunggu ulasan kami berikutnya!