Dalam perjalanan Anda menggunakan smartphone merek Xiaomi, mungkin ada saat di mana Anda mengalami masalah internet error. Pada situasi ini, Anda sama sekali tidak bisa mengakses internet, padahal kuota dan paket data Anda masih banyak.

Peluang internet error sebenarnya tidak hanya terjadi untuk handphone merek Xiaomi, tapi bisa menjajngkiti smartphone berbasis android yang lainnya. Ketika Anda mengalami hal ini, jangan segera panik apalagi berputus asa. Sebab, ada cara cepat dan mudah yang bisa Anda tempuh sehingga kondisi smartphone Anda kembali normal.

1. Memilih Jaringan yang Tepat

Kadang kala, tidak adanya jaringan internet dipengaruhi oleh lokasi. Misalnya, kita sedang pelesiran atau berkunjung ke hutah atau daerah pelosok tertentu. Lalu ketika ingin update status atau mengabari orang rumah, sinyalnya tiba-tiba hilang atau tidak stabil. Ketika hal ini terjadi, yang harus Anda lakukan adalah masuk ke settingan 3G only atau 4G only. Sesuaikanlah dengan lokasi yang mendukung sinyal Anda kembali stabil.

Bagi Anda yang masih bingung, bagaimana caranya masuk untuk melakukan pengaturan jaringan, mari ikuti langkah-langkah berikut ini. Masuk ke menu panggilan, lalu tekan *#*#4636#*#*. Kode ini akan mengantarkan Anda pada laman bertulisan gsm auto atau lte/gsm auto. Geserlah layar, sehingga Anda menemukan “lte only” untuk lock 4g, atau “wcdma only” untuk lock 3g.

Terkait

2. Flash Ulang ke ROM Stable

Ada kalanya, ketika menggunakan handphone Xiaomi, Anda merasa kesulitan untuk menginstall aplikasi di Play Store. Padahal, untuk sinyal dan kelancaran chatting normal. Jika hal ini terjadi, sebenarnya Anda bisa menelisik penyebabnya yang kemungkinan karena salah langkah dalam pembelian smartphone Xiaomi.

Maksudnya, Anda mungkin kurang teliti sehingga mendapatkan ponsel yang menggunakan rom abal-abal. Dampaknya, terdapat banyak bugs pada sistem, lantas mengganggu kelancaran sinyal maupun install aplikasi di Play Store. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa melakukan flash ulang ke ROM stable.

3. Me-Remove Akun Google

Cara selanjutnya yang bisa Anda ketika mengalami internet error yakni dengan me-remove akun gogole, lalu membuat akun google yang baru. Untuk langkahnya, mula-mula masuklah ke menu Settings. Lalu klik “Accounts”, lalu “Select Google”, selanjutnya pilih “Remove account atau Delete account”.

Anda juga bisa melakukan Clear cache Google Play Store dan google Services Framework. Langkahnya hampir sama dengan yang pertama, di mana Anda mula-mula masuk ke setting, lalu pilih menu “Apps”, kemudian klik “All”, lanjut klik “Google Play Store” kemudian pilih “Clear cache” atau “Uninstall updates”.

Setelah masuk lagi ke setting, kili lagi “All”, kemudian klik “Download Manager” lalu klik “Clear Cache and Data”.

Selesaikanlah proses pembersihan agar Internet error bisa segera teratasi. Silakan masuk lagi ke menu “Setting”, lalu klik “Accounts” lanjut pilih “Google”, kemudian “add Account” dan “Enter your Credentials”.

4. Menggunakan Aplikasi

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan yakni dengan menjalankan aplikasi. Pilihlah fitur “Cleaner” lalu pilihlah opsi “Deep Clean”. Setelah proses pembersihan selesai, Anda bisa merestart ponsel Anda, lalu silakan mencoba lagi koneksi internetnya. Dengan cara itu, peluang kembali mendapatkan jaringan internet yang bagus akan terbuka lebar.

Demikianlah informasi mengenai cara menyelesaikan kasus internet error di handphone Xiaomi. Kasus ini sebenarnya ebrlaku general, di mana setiap ponsel pun bisa saja mengalami internet error. Nah, dengan mengetahui cara mengatasinya, semoga Anda semakin terbantu dalam menggunakan smartphone yang aman, nyaman dan optimal.