Instagram memang merupakan salah satu media sosial paling populer saat ini. Sehingga tentu saja menarik banyak pengguna. Namun harap diingat, Instagram memiliki batas-batas dalam pemakaiannya.

Seperti juga media sosial lain yang populer, Instagram rentan dengan spam. Wajar, banyaknya jumlah follower memang menggiurkan. Oleh karena itu, Instagram memiliki aturan-aturan. Tujuannya tentu saja agar pengguna pada umumnya tetap nyaman beraktivitas di dalamnya.

Nah, supaya kamu tidak di-banned di Instagram, kamu tentu harus tahu batas-batas yang ditetapkan.

Batas Usia
Instagram mengharuskan penggunanya berusia di atas 13 tahun. Hal ini tidak bisa ditawar lagi.

Batas Akun
Kamu bisa memiliki sampai 5 akun dalam satu aplikasi Instagram. Kamu bisa memasangnya sebagai multi-akun dan beralih memakai akun satu dengan lainnya.

Baca juga:

Batas Bio
Kamu bisa membuat biografi sampai sepanjang 150 karakter. Selain itu, kamu juga hanya bisa meletakkan satu alamat website di bio singkat di profil Instagram.

Batas Posting
Kalau akun Instagram milikmu masih baru, jangan terburu nafsu. Buatlah satu atau dua posting Instagram (baik foto maupun video) per hari. Setelah sekitar 2-3 minggu, kamu bisa posting sesuka hatimu.

Namun, Instagram tetap hanya mengijinkan posting sampai sekitar 5 foto per jam. Lebih dari itu, kamu beresiko kena blokir. Di sisi lain, mengunggah foto atau video yang bagus sebanyak 1 atau 2 buah per hari lebih baik dan bebas resiko.

Batas Jumlah Gambar dalam Sekali Posting
Instagram mengijinkan kamu untuk mengunggah sampai 10 foto dalam satu kali posting. Cukup banyak ya? Hal ini memberimu ruang untuk menjadi lebih kreatif dalam membuat posting. Misalnya membuat komik atau novel grafis.

Batas Karakter di Caption dan Komentar
Instagram memberi batas sampai 2200 karakter (huruf) di dalam caption. Tapi, caption akan dipotong setelah 2-3 baris dan akan muncul elipsis (tiga buah titik) dengan keterangan ‘lainnya’ (‘more‘). Untuk komentar, Instagram memotongnya setelah 240 karakter.

Kamu juga bisa memanfaatkan spasi atau line break untuk merapikan caption Instagram-mu.

Batas Hashtag (Tagar)
Hashtag adalah topik atau tema yang terdapat di posting-mu. Tujuan memasang hashtag adalah agar pengguna lain selain follower juga berkesempatan melihat foto atau video milikmu.

Instagram memberi batas pemakaian hashtag sampai 30 buah. Namun, jumlah ideal yang bisa dipakai adalah maksimal 9 buah dengan topik yang tepat.

Batas Following dan Unfollow
Instagram membuat batas untuk follow sampai 7500 orang dalam satu hari. Sedangkan jumlah totalnya kelihatannya tidak terbatas. Banyak ya?

Di sisi lain, kalau kalau kamu baru saja membuat akun Instagram atau relatif masih baru, batas melakukan maksimal 100 kali unfollow per hari. Kalau sudah lama, jangan lebih dari 1000 kali.

Batas Like
Batas untuk ‘Like’ atau menyukai kiriman pengguna lain adalah sekitar 350 per jam. Namun ada yang menyebut kalau hal ini bisa berbeda untuk tiap pengguna.

Tag Limit
Instagram mengijinkanmu untuk ‘tag‘ pengguna lain. Hal ini berguna untuk menarik perhatian pengguna lain. Namun, kamu hanya bisa membuat ‘tag‘ untuk sebanyak 20 pengguna dalam satu posting foto atau video di Instagram.

Batas Mention
Kamu juga bisa menyebut atau ‘mention‘ pengguna lain di caption atau komentar Instagram. Batas untuk ‘mention‘ di Instagram adalah sampai 10 pengguna.

Batas Stories
Instagram Story memiliki durasi maksimal 15 detik per video. Secara total, pengguna bisa membuat Stories sampai durasi 1 jam. Stories akan bertahan dalam waktu 24 jam. Yang menarik, kamu bisa membuat sampai 100 Stories. Lebih dari itu, yang paling lama akan masuk arsip.