Pasar smartphone Indonesia, khususnya di segmen mid-low diramaikan sejumlah pemain. Kendati demikian, bicara salah satu smartphone yang menarik di segmen tersebut, Redmi 8 ada di antaranya. Masuk ke Indonesia dan dibanderol dengan harga di bawah 2 juta, tak sulit untuk mengatakan Redmi 8 sebagai opsi menarik.

Alasan Redmi 8 Pantas Dibeli

Lantas unsur apa saja yang membuat Redmi 8 pantas untuk menjadi pilihan, kami merangkum beberapa alasan di antaranya.

Desain Menarik

Baca juga:

Redmi 8 datang dengan racikan kekinian dan tampil apik untuk smartphone di kelasnya. Tampilan Redmi 8 dipercantik dengan sapuan warna glossy yang membalut bodinya. Pada kanan dan kiri bagian belakang smartphone terdapat lekukan (curve) 3D, yang membuat smartphone tidak nampak tebal.

Secara keseluruhan, Redmi 8 tampil dengan dimensi 156.5 x 75.4 x 9.4 mm, lebih tebal sedikit sih bilang dibanding Redmi 7 yang memiliki bodi utuh 158.7 x 75.6 x 8.5 mm. Pun dengan bobotnya, Redmi 8 yang memiliki berat 188 gram juga lebih berat dibanding Redmi 7 dengan berat 180 gram. Hal ini cukup wajar mengingat di dalam bodi Redmi 8 terdapat baterai dengan kapasitas lebih besar, yakni 5000 mAh. Sementara Redmi 7, baterainya berkapasitas 4000 mAh.

Redmi 8 ini datang dengan dua pilihan warna menarik, di antaranya Sapphire Blue, Onyx Black, dan Red Ruby.

Layar Dilapisi Corning Gorilla Glass 5

Redmi 8 dikemas dengan layar berukuran luas dengan diagonal 6.22 inci yang disajikan dengan format memanjang berasio 19:9.

Jenis layar yang digunakan adalah IPS LCD, yang memiliki kelebihan di antaranya dari sisi visibilitasnya di mana konten di layar masih bisa terlihat jelas meski dilihat dari sudut tertentu. Layar Redmi 8 sendiri menawarkan resolusi 720 x 1520 piksel.

Menariknya lagi, untuk membreikan proteksi lebih kepada penggunanya, layar Redmi 8 sudah dilapisi pelindung Corning Gorilla Glass 5 yang sejatinya banyak digunakan oleh smartphone pada segmen di atasnya. Redmi 8 memiliki fitur bernama Reading Mode yang berguna untuk melindungi mata pengguna dengan proteksi blue light yang sudah tersertifikasi TÜV Rheinland.
Adapun untuk sistem operasinya yang digunakan, Redmi 8 menjalankan Android 9.0 Pie yang dipermanis dengan MIUI 11.

Kamera Ganda

Bagaimana dengan kamera Redmi 8? Untuk urusan yang satu ini, Redmi 8 sepertinya juga sudah memadai. Di segmen harganya, smartphone ini sudah menyuguhkan fitur kamera ganda di bagian belakang dengan kombinasi 12 MP sebagai alat bidik utama dan 2 MP untuk efek bokeh. Perlu dicatat, sensor utama 12 MP pada Redmi 8 ternyata telah memiliki bukaan yang besar, yakni f/1.8. Sehingga di atas kertas, kamera belakang Redmi 8 mampu untuk tetap apik digunakan pada kondisi cahaya minim.

Secara teori, kemampuan kamera Redmi 8 punya kemampuan mengambil gambar yang lebih baik pada kondisi rendah cahaya.

Adapun untuk selfie, Redmi 8 dibekali sensor kamera berkekuatan 8 MP. Alat bidik bagian depan Redmi 8 juga sudah didukung dengan mode AI. Perlu dicatat, kamera utama dan kamera depan Redmi 8 bisa menghasilkan video 1080p@30 fps.

Prosesor Octa-Core

Redmi 8 disokong oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 439. Chipset ini dibuat dengan proses produksi 12 nm dan tampil dengan konfigurasi Octa-core (2×1.95 GHz Cortex-A53 & 6×1.45 GHz Cortex A53) ditandem dengan GPU Adreno 505.

Sementara dari sisi memori, smartphone ini datang dengan dua pilihan RAM 3 + 32 GB dan RAM 4GB + 64 GB. Berbekal spesifikasi hardware yang tertera di atas, kinerja Redmi 8 masih tergolong cukup baik untuk menangani aktivitas pengguna, termasuk untuk bermain game.

USB Type-C

Satu hal yang jarang ditemui pada smartphone di kelasnya, salah satunya datang dari port USB yang diadopsinya. Ya, meski harganya relatif miring, smartphone ini sudah dikemas dengan port USB Type-C. Ini pun merupakan peningkatan tersendiri bila dibanding pendahulunya, Redmi 7 yang masih didukung dengan port micro USB. Menariknya lagi, meski sudah didukung dengan port USB Type-C, Redmi 8 masih tetap menyuguhkan jack audio 3,5 mm.

Baterai Besar + Fast Charging

Tidak tanggung-tanggung, untuk urusan penyuplai daya Redmi 8 didukung dengan baterai berkapasitas 5000 mAh. Bukan cuma besar, baterai Redmi 8 juga telah didukung dengan fitur fast charging Quick Charge 3.0. Kendati demikian, dalam paket penjualannya konsumen hanya akan mendapatkan pengisi daya standar. Adapun untuk memanfaatkan fitur fast charging, konsumen harus membeli charger yang dijual terpisah.

Harga Terjangkau

Sebelum membahas soal harganya, perlu diketahui bahwasanya dalam paket penjualannya Redmi 8 disertai dengan buku panduan, charger, kabel USB, dan case pelindung. Seperti diketahui, smartphone ini datang dengan dua varian, yakni RAM 3GB dan 32 GB dan varian RAM 4GB/64GB. Untuk harganya, versi RAM 3GB/32GB dijual dengan banderol Rp1.699.0000. Sementara varian RAM 4G/64 GB dijual sedikit lebih mahal, yakni Rp1.799.000.

Garansi 24 Bulan

Setelah melihat spesifikasi dan menilik harga jualnya, smartphone ini punya kans untuk menjadi opsi menarik di segmennya. Dan bukan cuma itu, dalam hal purna jual, sang pembesut juga sudah menawarkan sesuatu yang patut diapresiasi. Bagaimana tidak, smartphone ini ternyata telah didukung dengan garansi resmi hingga 24 bulan. Menarik, bukan?