Konten merupakan salah satu kunci utama dari pertumbuhan follower akun Instagram secara organik. Terutama konten feed, karena berfokus pada jangkauan orang-orang baru dan impresi.

Instagram sebagai platform visual ini menyediakan beberapa tipe konten yang bisa dieksplorasi lebih jauh. Bisa dibilang masing-masing konten ini memiliki kelebihan dan tujuan yang berbeda, kualitas konten menentukan jangkauannya. Tipe konten di Instagram yang mana yang cocok untuk akun IG Anda?

  1. Single Image

Tipe konten feed ini merupakan yang paling umum dijumpai di Instagram, umumnya berupa foto dan proses pembuatannya mudah tidak perlu banyak waktu. Namun karena keterbasan kanvas, penyampaian informasinya juga terbatas, dan audiens juga bisa dengan mudah melewatkan begitu saja.

Aspek rasio yang digunakan bisa kotak 1:1, horizontal 16:9, atau vertikal 4:5. Pastikan visual foto yang disajikan menonjol dan banyak juga yang membubuhinya dengan quote yang menginspirasi.

  1. Carousel

Daripada single image, carousel menawarkan keleluasaan dalam menyampaikan pesan karena dapat menampung hingga sepuluh konten baik foto maupun video. Banyak yang memanfaatkan carousel untuk membuat microblog, umumnya konten carousel yang mengandung edukasi berpotensi mendapatkan lebih banyak share dan save yang merupakan penilaian penting dari Instagram selain like dan komentar.

Baca juga:
  1. Video dan IGTV

Popularitas konten berbasis video di Instagram sangat tinggi dan merupakan tipe konten yang paling fleksibel untuk menyampaikan pesan. Untuk video yang durasinya lebih dari satu menit bisa diunggah sebagai IGTV.

Meski begitu, tingkat kesulitan untuk membuat konten video yang menarik tergolong tinggi, butuh upaya ekstra, dan menyita banyak waktu. Banyak langkah-langkahnya termasuk mempersiapkan script, produksi alias syuting, hingga editing.

  1. IG Story

Konten yang ditayangkan pada IG Story ini hanya bertahan selama 24 jam dan durasinya cukup singkat 15 detik saja. Namun konsumsi pengguna IG Story ini sangat tinggi dan dilengkapi banyak fitur yang memungkinkan meningkatkan engagement dari para audiens.

  1. Guide

Tipe konten ini memungkinkan kita membuat panduan, baik itu rekomendasi, ulasan, maupun tutorial dengan format yang lebih intuitif. Proses pembuatan guide ini cukup mudah, elemen foto atau video yang dipilih bisa dari postingan sendiri atau orang lain yang disimpan.

Ada tiga tipe guide yang bisa dipilih meliputi place, product, dan posting. Namun konten guide ini bisa dijumpai saat membuka profil dan berada di tab guide khusus di samping IGTV. Juga tidak bisa kasih like atau komentar, tetapi bisa dibagikan ke Story bila ingin mempromosikannya.