Sebagai makhluk ciptaan Tuhan, tentu banyak hal yang patut kita syukuri. Salah satunya adalah kesempurnaan fisik yang kita punya. Namun ada beberapa teman kita yang mempunyai keterbatasan fisik. Keterbatasan fisik tersebut tidak jarang membuat mereka minder dan tidak bisa menikmati dunia dengan leluasa.

Keterbatasan fisik, mungkin akibat cacat yang disandang memang menjadi salah satu hal yang membuat orang kemudian kesulitan berinteraksi dengan orang lain.

Selain itu, mereka yang mempunyai keterbatasan fisik biasanya juga lebih kesulitan menikmati teknologi layaknya orang bertubuh normal. Contoh yang paling simpel. Dalam menggunakan smartphone, untuk orang yang punya keterbatasan fisik, tentu saja ini dapat menjadi kendala yang besar. Karena, kebanyakan fitur di smartphone mengharuskan pengguna untuk melihatnya terlebih dahulu untuk bisa menggunakannya.

Tapi karena kini perkembangan teknologi sudah sangat bagus, dan banyak ahli yang bersimpati pada teman-teman penyandang tunanetra, akhirnya munculah suatu trobosan baru untuk bisa membantu penderita supaya bisa hidup layaknya orang normal seperti kita. Salah satunya adalah perihal menggunakan smartphone.

Terkait

Jadi melalui beberapa aplikasi khusus ini, penyandang tunanetra dan tunarungu bisa terbantu untuk ikut menikmati teknologi.

The Deaf And Hearing Impaired

Aplikasi smartphone yang pertama ini, merupakan sebuah aplikasi yang memang secara khusus dibuat untuk penyandang tunarungu ataupun masalah pendengaran yang lain.

Cara kerja dari aplikasi ini memang terbilang lebih sederhana, yaitu dengan memunculkan suatu getaran dan juga kilatan lampu flash (dalam smartphone tertentu saja) pada saat ada suara di sekitar pemilik smartphone.

Selain itu, aplikasi yang satu ini juga akan memberikan fitur canggih lain, misalnya seperti pengenalan suara (speech recognition) serta didukung dengan berbagai macam bahasa. Manfaat dari aplikasi ini adalah bisa membantu penyandang tunarungu untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain lebih mudah.

RogerVoice

Selanjutnya adalah aplikasi smartphone RogerVoice. Ini merupakan sebuah aplikasi yang bisa berguna untuk membantu penyandang tunarungu supaya mereka bisa berkomunikasi saat melakukan panggilan.

Jadi cara kerja dari aplikasi ini adalah mengubah suara yang ada di panggilan telepon menjadi teks. Jadi, ketika orang yang punya keterbatasan fisik seperti tunarungu bisa tetap melakukan panggilan telepon dengan orang normal. Tapi, saat akan menggunakan aplikasi ini, pengguna diwajibkan untuk mendaftar terlebih dahulu guys.

BrailleBack

Sesuai dengan namanya, aplikasi yang dibuat oleh Google ini memang sengaja ditujukan untuk penyandang tunanetra. Sehingga mereka nanti juga bisa berkomunikasi melalui smartphone Android menggunakan papan ketik braille.

Sementara itu cara kerja dari aplikasi ini adalah dengan membantu menghubungkan papan ketik braille dengan smartphone Android. Biasanya bluetooth akan digunakan untuk menghubungkannya.

Model papan ketik braille yang digunakan pada aplikasi ini didukung dengan adanya APH Refreshabraille, Papenmeier Braillex Trio, Optelec Alva dan masih ada beberapa perangkat tambahan lainnya guys. Tentunya, ini jadi aplikasi yang paling direkomendasikan untuk penyandang tunanetra.

Commandr for Google Now

Aplikasi terakhir ini memang bisa dikatakan juga sebagai aplikasi yang sangat cerdas. Walaupun hanya berbekal dengan suara, ini bisa dijadikan sebagai perintah ke beberapa layanan yang ada dalam smartphone Android. Seperti membaca pesan singkat, menyalakan maupun mematikan konektivitas internet. Dan sesuai dengan namanya, aplikasi ini akan bisa dijalankan saat pemilik smartphone menyalakan layanan Google Now.

Keterbatasan fisik hendaknya tidak menghalangi orang untuk ikut menikmati perkembangan teknologi. Oleh karena itu, jika disekitar kalian ada penyandang tunanetra atau tunarungu. Mungkin kalian bisa ikut membantu mereka dengan menggunakan aplikasi ini

Saling tolong-menolong tidak harus memberikan uang bukan? Contohnya hal kecil seperti ini saja sudah bisa membuat mereka sangat bahagia nantinya.