Pada penjualan perdananya di Indonesia, Xiaomi mengumumkan bahwa Redmi 9A berhasil dipesan 30.000 unit hanya dalam waktu 1 jam.

Hal ini bisa terjadi berkat spesifikasi hardware dan fitur menarik yang dibawanya untuk ukuran smartphone kelas menengah. Bahkan Redmi 9A juga hadir dengan fitur yang membuat penggunanya dapat melakukan screenshot dengan mudah.

Tidak hanya menggunakan kombinasi tombol fisik, screenshot pada Redmi 9A dapat dilakukan dengan menggunakan tiga jari dan Quick Menu. Bagi kamu yang ingin mengetahui cara mengambil screenshot di Redmi 9A, maka dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini.

Cara Screenshot Redmi 9A
Screenshot dengan tiga jari

  1. Pertama, buka kunci layar dan masuk ke homescreen Redmi 9A
  2. Selanjutnya, cari area yang akan di-screenshot
  3. Setelah area screenshot ditentukan, maka sapu atau swipe layar dari bagian atas ke bawah dengan tiga jari yang dirapatkan
  4. Apabila suara shutter terdengar dan layar berkedip, maka screenshot telah berhasil dilakukan
  5. Nantinya hasil screenshot dapat dilihat di aplikasi Gallery bawaan.

Sebagai smartphone Xiaomi yang lahir di tahun 2020, Redmi 9A sudah hadir dengan kemampuan screenshot yang menggunakan tiga jari. Bahkan fitur ini telah aktif sejak kamu menyalakan pertama kali smartphone tersebut.

Baca juga:

Kombinasi tombol fisik

  1. Setelah masuk ke homescreen Redmi 9A, maka kamu dapat mencari area yang akan di-screenshot
  2. Tenekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan dalam beberapa detik untuk memulai screenshot
  3. Pada saat layar berkedip dan suara shutter terdengar, maka screenshot telah selesai dilakukan
  4. Kamu dapat langsung menuju aplikasi Gallery bawaan smartphone ini untuk melihat hasil screenshot

Selain menggunakan gesture tiga jari, kamu juga dapat menggunakan kombinasi tombol fisik pada Redmi 9A. Sebenarnya hampir semua smartphone Android juga bisa menggunakan kombinasi ini sehingga metode ini bisa kamu gunakan sebagai cara paling ampuh.

Tidak hanya dengan tiga jari dan kombinasi tombol fisik, kamu juga dapat melakukan screenshot dari Quick Menu Redmi 9A yang bisa diakses dari bagian atas layar.

Screenshot di Quick Menu

  1. Pertama, buka kunci layar Redmi 9A dan menuju ke homescreen
  2. Cari area yang akan di-screenshot
  3. Setelah area screenshot ditentukan, maka akses Quick Menu dengan menyapu atau swipe bagian kanan atas layar dengan satu jari
  4. Setelah Quick Menu muncul, pilih tombol Screenshot berlambang kotak dan gunting
  5. Setelah tombol ditekan, maka suara shutter akan terdengar dan layar berkedip yang menandakan bahwa screenshot berhasil dilakukan
  6. Hasil screenshot dapat langsung dilihat di aplikasi Gallery bawaan Redmi 9A

Bisa dibilang ketiga cara screenshot ini dapat dilakukan dengan mudah dan cepat, namun screenshot dengan tiga jari menurut saya pribadi merupakan cara yang paling cepat.

Walaupun kombinasi tombol fisik juga sama-sama cepat, namun kamu disarankan tidak sering melakukannya agar tombol tidak cepat rusak terutama tombol power yang sering digunakan untuk mengistirahatkan atau menyalakan layar.