Ilustrasi Oleh Pixabay

Meskipun saat ini banyak smartphone dengan harga relatif mahal maupun yang meluncurkan smartphone murah, dimana beberapa bahkan dijual dengan harga kurang dari Rp 1 juta.

Beberapa bahkan sudah mengusung sistem Android yang mendominasi sistem operasi seluler saat ini. Meskipun dalam hal ini, beberapa smartphone menggunakan Android Go, yakni versi ringan dari sistem Android.

Guna memudahkan para pengguna baru dalam memilih smartphone Android dengan harga kurang dari Rp 1 juta, berikut ini beberapa smartphone terbaik yang bisa dipilih di rentang harga tersebut.

Redmi Go

Terkait

Dibanderol dengan harga Rp 899.000, Redmi Go bisa menjadi pilihan tepat bagi mereka yang sedang mencari smartphone dengan harga kurang dari Rp 1 Juta. Smartphone baru buatan Redmi ini memiliki spesifikasi yang cukup menarik di kelasnya.

Meskipun hanya dilengkapi dengan sistem Android Go, Redmi Go telah dibekali dengan chipset Snapdragon 425 – sebuah chipset yang secara umum juga bisa digunakan untuk menjalankan sistem Android reguler.

Smartphone dengan layar 5,0 inci ini telah dilengkapi dengan RAM 1 GB dan memori internal 8 GB, di dukung baterai 3.000 mAh. Smartphone ini pun telah dilengkapi dengan kamera utama 8 MP dan kamera depan 5 MP.

Nokia 1

Setelah bangkit dari kematiannya, Nokia yang kini bernaung di bawah HMD Global pun meluncurkan beberapa smartphone murah. Salah satunya adalah Nokia 1, sebuah smartphone Android Go yang dijual dengan harga Rp 999.000.

Dirancang dengan cover polikarbonat yang bisa diganti sesuai selera, Nokia 1 dilengkapi dengan spesifikasi yang cukup bisa diandalkan untuk memberikan semua pengalaman smartphone bagi mereka yang sedang beralih dari featured phone.

Nokia 1 sudah dilengkapi chipset MediaTek MT6737M yang diduetkan dengan RAM 1 GB dan memori internal 8 GB. Selain itu pun, smartphone buatan Nokia ini dilengkapi dengan baterai yang bisa dilepas dengan kapasitas 2.150 mAh.

Soal fotografi pun, Nokia 1 sudah dilengkapi dengan kamera utama 5 MP dan kamera depan 2 MP. Memang tidak istimewa dalam hal ini, tetapi cukup bisa diandalkan untuk membantu pengguna mengabadikan setiap momennya.

Yang cukup menarik, smartphone yang dilengkapi dengan sistem Android versi lite ini telah dilengkapi dengan sertifikat IP52. Atau secara sederhana, smartphone ini memiliki perlindungan dari percikan air.

Advan i6C

Khusus untuk pengguna yang membutuhkan layar yang lebih besar dan fitur yang lebih luas, Advan i6C pun bisa menjadi pilihan. Smartphone yang baru diluncurkan Bulan Mei 2019 kemarin ini menawarkan spesifikasi dan fitur yang lumayan lengkap.

Meskipun sudah dijual dengan harga Rp 999.000, smartphone ini sudah memiliki layar berukuran 5,5 inci. Selain itu, smarphone yang mengandalkan chipset Spreadtrum SC9863A sudah dilengkapi dengan RAM 2 GB dan memori internal 32 GB.

Untuk memenuhi kebutuhan fotografi penggunanya, smartphone ini sudah dibekali dengan kamera utama 8 MP dan kamera depan 5 MP yang sudah mendukung Face ID – fitur membuka kunci dengan wajah.

Kabar menariknya, Advan i6C telah dilengkapi dengan fitur keamanan lengkap, dari mulai fungsi Anti Theft, Intruder Selfie, hingga Privacy System.