Copyright©BBC

Facebook merupakan sosial media paling laris saat ini. Sekalipun banyak sekali masalah yang menerpa mereka, namun tetap saja Facebook masih tetap memiliki pengguna setianya sampai saat ini.

Mirip dengan instagram, ternnyata bermain Facebook dalam jangka waktu yang lama ini membuat kuota internet sangat boros. Sehingga banyak orang yang tak sadar, terlalu seru bermain Facebook hingga kuota mereka habis.

Sebenarnya ada beberapa alasan kenapa Facebook ini sangat boros data, dan ada cara untuk mengatasinya. Penasaran? Yuk simak caranya dibawah ini.

Copyright©yang canggih

Matikan Opsi Upload Foto dan Video HD

Langkah pertama agar kalian bisa main Facebook sepuasnya tanpa boros data adalah, silahkan menyesuaikan pengaturan pada foto dan video yang bakal diunggah. Jangan pernah mengunggah konten dengan resolusi HD, karena hal ini sangat menguras banyak kuota internet.

Terkait

Nah untuk memastikan agar kalian tidak mempostig foto atau video HD di Facebook, maka silahkan lakukan pengaturan berikut ini. Tap ikon tiga garis dipojok kanan atas, pilih Setting >> Media & Contacts >> pastikan upload video dan foto tidak aktif.

Matikan Fitur Autoplay Video

Cara kedua adalah dengan mematikan fitur autoplay video didalam Facebook. Kita tahu namanya sosial media pasti bebas dong seseorang mau posting video apapun, dan tiap kali kita scrool kebawah pasti video tersebut bakal berputar sendiri, dan hal ini tanpa disadari sangat membuat boros kuota.

Untuk mengatasinya silahkan pergi ke menu Media & Contacts >> Autoplay , setelah itu sesuaikan dengan kebutuhan kalian. Disini ada 3 pilihan, yakni autoplay saat terhubung data dan wifi, autoplay saat terhubung wifi, dan Never autoplay videos. Nah silahkan pilih yang terakhir sendiri untuk pengaturan Facebook kamu.

Copyright©Notordinary

Gunakan Facebook Lite

Dan cara terakhir untuk bisa main Facebook sepuasnya dengan hemat data adalah menggunakan aplikasi Facebook Lite. Aplikasi ini sebenarnya dirancang untuk mereka yang menggunakan smartphone kentang, namun kelebihannya aplikasi ini tidak hanya ringan, namun juga hemat kuoat data. Mau coba?

Nah itu tadi sedikit tutorial dari kami tentang bagaimana cara bermain Facebook sepuasnya dengan hemat kuota data. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.