Menjelang detik-detik Hari Raya Idul Fitri, mudik adalah rutinitas wajib yang dilakukan di Indonesia. Agar mudikmu berjalan dengan lancar, kamu bisa instal beberapa aplikasi sebagai teman mudik.

Aplikasi-aplikasi ini nantinya akan membantumu untuk memantau lalu lintas, keadaan cuaca, hingga mengingatkan waktu shalat. Sehingga mudik ke kampung halaman akan lebih aman, terjamin dan cepat.

Lantas apa sajakah aplikasinya? Ini dia aplikasi yang kamu butuhkan untuk teman mudik!

Aplikasi pemesanan tiket transportasi

Terkait

Informasi tiket pesawat Google

Jika kamu memilih mudik menggunakan transportasi umum seperti bus, kereta, maupun pesawat, aplikasi pemesanan tiket wajib ada di smartphone milikmu.

Kamu dapat menggunakan aplikasi Traveloka, Tiket.com, KAI Access, dan lain-lain untuk memudahkan pemesanan tiket. Kamu bisa instal salah satu aplikasi di atas mulai dari sekarang.

Bergegaslah, karena tiket lebaran cepat sekali habisnya.

Aplikasi rute perjalanan

Informasi tempat Google Maps

Nah bagi yang mudik menggunakan kendaraan pribadi, aplikasi rute perjalanan sangat dianjurkan untuk ada di smartphone. Kamu bisa menggunakan beberapa pilihan aplikasi rute perjalanan seperti Google Maps atau Waze.

Dengan aplikasi tersebut, kamu bisa mencari rute tercepat untuk sampai ke tujuan. Selain itu, kamu juga akan diberikan perkiraan waktu perjalanan.

Aplikasi memantau lalu lintas

Sumber Gambar : putevi-srbije.r

Setelah kamu mendapatkan rute tercepat, kamu juga harus memantau keadaan lalu lintas di jalan yang akan kamu lalui. Kamu bisa menggunakan aplikasi jasamargalive yang biasanya digunakan untuk streaming CCTV di sepanjang jalan tol.

Jika tidak, kamu juga bisa menggunakan aplikasi install National Traffic Management Center (NTMC) Polri. Kedua aplikasi ini akan memberikan akses tentang kondisi lalu lintas melalui CCTV.

Di dalam aplikasi tersebut juga telah disediakan informasi mengenai keberadaan kantor polisi, kecelakan, maupun informasi lain seputar lalu lintas. Download android

Aplikasi pengingat waktu shalat

Sumber Gambar : id.techinasia.com

Meskipun menempuh perjalanan jauh, kamu tetap tidak boleh melupakan waktu shalat. Untuk mempermudah, kamu bisa menginstal aplikasi seperti Muslim Pro, Prayer Times: Qibla & Azan, Salatuk, dan lain sebagainya.

Aplikasi-aplikasi tersebut dapat kamu sambungkan dengan GPS, sehingga kamu akan dengan mudah menentukan waktu shalat sesuai lokasi saat itu.

Lebih menariknya lagi, didalamnya juga dilengkapi dengan fitur adzan, arah kiblat, dan pencarian masjid terdekat. Download android

Aplikasi cuaca

Sumber Gambar : capuraca.com

Cuaca adalah salah satu faktor penting yang harus diperhatikan sebelum mudik. Terutama bagi kamu yang menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor.

Untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan, kamu bisa menginstal aplikasi cuaca info BMKG. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa mendapatkan informasi mengenai cuaca, kualitas udara, hingga bencana alam yang terjadi di Indonesia.

Hati-hati di jalan dan selamat mudik. Salam untuk keluarga di kampung halaman.