Di dunia smartphone, fitur GPS jadi satu fitur penting. Mengapa? Karena GPS jadi sebuah navigasi penting bagi orang-orang dalam melakukan perjalanan atau melacak posisi tertentu. Karena itu, penting bagi sebuah ponsel memiliki sensor kompas yang baik agar GPS yang ada di dalamnya bisa berjalan dengan optimal.

Namun, GPS sendiri bukan hanya ada di sebuah ponsel. Ternyata ada banyak jenis GPS yang ada di dunia, bahkan GPS sudah hadir jauh sebelum ponsel pintar merajelela seperti sekarang. Lantas, apa sebenarnya GPS?

Pengertian dan Fungsi GPS

Terkait

sumber: pixabay.com

GPS (Global Positioning System) merupakan sebuah alat atau sistem serta navigasi berbasis satelit yang melacak posisi objek tertentu atau memetakan posisi tertentu di sebuah peta digital. Cara kerja GPS ini bergantung pada tiga komponen utama, yaitu: satelit, pengontrol, dan penerima/pengguna.

Satelit berfungsi sebagai penerima dan penyimpan data yang kemudian diteruskan ke stasiun pengontrol atau pengendali. Data informasi yang diterima satelit adalah informasi waktu dan sinyal yang bakal ditransmisikan ke penerima.

Pengontrol memiliki fungsi dalam mengendalikan satelit. Pengontrol mengirimkan data dan melakukan sinkronisasi waktu antar satelit. Sementara penerima adalah para pengguna (termasuk Anda) yang menerima informasi data dari satelit untuk menentukan posisi arah, jarak, dan juga waktu.

Jika menilik cara kerjanya, kita sebagai pengguna GPS terasa seperti diawasi oleh sebuah satelit karena satelit bakal membaca arah perjalanan dan posisi kita. Jadi, di dunia sekarang, Anda yang sedang melangkah ke minimarket saja bisa terbaca, terlebih jika Anda menyalakan GPS di ponsel Anda.

Jenis-jenis GPS yang Ada di HP

Smartphone atau HP pintar zaman sekarang umumnya sudah dilengkapi dengan Google Maps-nya. Nah, Google Maps ini bakal berjalan dengan baik jika menyalakan fitur “location” atau “GPS” (penamaan biasanya tergantung merek ponsel yang dipakai). Fitur ini jelas penting karena sangat membantu banyak orang dalam berbagai hal.

Namun, perlu diingat kalau GPS bukanlah satu-satunya sistem penerima sinyal navigasi yang ada di HP. GPS sendiri adalah bagian dari sistem navigasi tetapi sekarang maknanya meluas menjadi sistem navigasi global yang terdiri dari berbagai jenis-jenisnya.

Mengapa terdiri dari berbagai jenis? Karena sistem navigasi tidak hanya GPS. Ada banyak sistem navigasi pembaca lokasi. Hal ini juga dapat dilihat dari spesifikasi sebuah ponsel Sebuah ponsel merek A memiliki GPS dengan satu sistem navigasi tertentu, contohnya hanya A-GPS saja. Ponsel merek B bisa saja memiliki banyak dukungan sistem navigasi seperti Samsung Galaxy S10 misalnya.

Perlu diingat, bahwa sistem navigasi dalam sebuah ponsel bukanlah GPS karena seperti sudah dijelaskan sebelumnya, GPS terdiri dari 3 rangkaian. Yang ada di HP adalah penerima sinyalnya sementara sistem navigasi pembacanya disebut satelit atau bisa disebut juga sebagai GNSS.

Hal ini berarti, sebuah ponsel bisa saja memiliki sistem penerima sinyal tertentu berdasarkan satelit pengirimnya? Lantas, apa sajakah macam-macam satelit sistem navigasi tersebut? Berikut jawabannya.

1. A-GPS

sumber: id.wikipedia.org

A-GPS merupakan singkatan dari Assisted-Global Positioning System. Sistem navigasi ini dikembangkan oleh Amerika. Dari namanya, sudah jelas kalau A-GPS ini berhubungan dengan GPS. Jika sebuah HP memiliki GPS dengan sistem A-GPS hal ini berarti, sistem GPS HP tersebut sudah sangat baik. Karena pada dasarnya A-GPS adalah penyempurnaan dari GPS untuk menentukan suatu posisi di bumi.

A-GPS sendiri merupakan sebuah metode yang berbasis pada waktu. Metode ini tergolong memiliki akurasi dalam menentukan suatu posisi. Metode ini dibantu oleh sebuah server penyedia informasi yang dibantu oleh jaringan operator melalui menara BTS. Di menara BTS ini umumnya ada unit penerima GPS yang tentu bisa memproses prosesor informasi data dalam membaca lokasi.

2. GLONASS

sumber: www.glonass-iac.ru

GLONASS adalah sistem navigasi yang jadi pesaing A-GPS. Jika A-GPS dikembangkan oleh Amerika, GLONASS adalah sistem navigasi yang dikembangkan oleh Rusia. Sistem navigasi ini adalah satelit yang berbasis ruang angkasa. GLONASS adalah sistem navigasi yang memiliki pembacaan posisi yang akurat dan jumlah satelit GLONASS sudah cukup banyak melayang di angkasa.

Jika GLONASS dan A-GPS terpisah, lantas, bagaimana sistem navigasi ponsel yang memiliki dukungan GLONASS dan A-GPS? Jika ada HP atau ponsel pintar yang memiliki dukungan A-GPS dan GLONASS, hal ini berarti HP tersebut dapat menerima sinyal dari kedua satelit secara bersamaan atau terpisah.

3. BDS

sumber: gbtimes.com

BDS merupakang singkatan dari BeiDou Navigation Satellite System. Dari namanya, sudah mencirikan kalau sistem navigasi satelit ini dikembangkan oleh Cina alias Tiongkok. Sistem BDS sudah dimulai sejak tahun 2000 dan terus dikembangkan.