Dominasi realme semakin kuat saat mereka meluncurkan realme 3 Pro. Melalui smartphone ini, realme menawarkan set lengkap, termasuk kelebihan dan kekurangan, yang sangat menarik.

Secara umum, realme 3 Pro memang menawarkan spesifikasi yang ada di atas rata-rata kebanyakan smartphone sekelasnya. Perangkat ini membawa berbagai macam fitur premium ke kelas yang jauh dari kata flagship.

Beberapa fitur tersebut di antaranya adalah spesifikasi yang lebih mumpuni untuk chipset maupun kameranya, desain yang lebih cantik dan kuat, dan dukungan daya yang lebih mantab.

Terkait

Meskipun demikian, smartphone ini pun memiliki beberapa kekurangan. Namun, apakah kekurangan tersebut cukup wajar? Apakah perangkat ini masih tetap bisa menjadi pilihan?

Supaya lebih jelas dalam menjawab pertanyaan ini, berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan dari realme 3 Pro berdasarkan spesifikasi teknis yang diusungnya dan uji coba pemakaian yang pernah kami lakukan.

Kelebihan realme 3 Pro

1. Desain Keren Cocok Untuk Anak Muda

Menyasar kalangan anak muda, realme 3 Pro membawa desain smartphone kekinian. Perangkat ini memiliki layar yang luas dengan poni kecil yang disebut dewdrop, memotong sedikit bagian atasnya.

Smartphone ini juga telah dibalut dengan pilihan warna gradasi yang cantik, mengikuti garis-garis yang membentuk pola huruf S di bagian tengahnya – yang mana pola ini terinspirasi dari Le Mans.

2. Layar Luas yang Semakin Kuat

Secara teknis, perangkat ini memiliki layar yang cukup setara dengan kebanyakan smartphone menengah lain. Perangkat ini memiliki layar IPS 6,3 inci dengan resolusi Full HD+ (2.340 x 1.080 piksel).

Kelebihan dan Kekurangan realme 3 Pro DisplayNamun untuk melindungi layar dari smartphone ini, realme telah menggunakan proteksi layar Corning Gorilla Glass 5, yang berdasarkan klaimnya lebih tahan banting dibandingkan versi-versi sebelumnya.

3. Kinerja Bertenaga

Faktor utama yang bisa membuat kami menyarankan untuk membeli perangkat ini adalah kinerjanya yang mumpuni. Meskipun dijual dengan harga kurang dari Rp 3 juta untuk varian rendahnya, realme 3 Pro sudah menawarkan chipset Snapdragon 710.

Dengan menggunakan chipset “flagship menengah” ini, realme 3 Pro menawarkan kinerja yang sangat baik, baik disisi CPU maupun GPU-nya. Bahkan, dalam hal ini, realme 3 Pro termasuk smartphone menengah ke bawah pertama yang bisa memainkan Fortnite.

Berdasarkan uji coba sintesis yang pernah kami lakukan, perangkat ini bahkan bisa mencapai angka 155.160 poin di AnTuTu, serta 1.479 poin single-core dan 5.820 poin multi-core di Geekbench.

Sementara berdasarkan uji coba pemakaiannya, smartphone ini cukup mumpuni untuk digunakan bermain game-game masa kini, seperti Arena of Valor, Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Final Fantasy XV Pocket Edition.

4. Spesifikasi Kamera OK Didukung Fitur yang Lengkap

Smartphone baru buatan realme ini juga menawarkan spesifikasi kamera yang cukup menarik. realme 3 Pro menawarkan kamera utama ganda dengan kombinasi 16 MP (f/1,7) + 5 MP (f/2,4) dan kamera depan 25 MP (f/2,0).

Kelebihan dan Kkekurangan realme 3 ProMenariknya, pada lensa kamera utamanya, realme telah menggunakan sensor kamera flagship buatan Sony, IMX519, yang diklaim bisa mengambil gambar lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya.

Mendukung spesifikasi ini, realme 3 Pro juga telah dilengkapi dengan fitur kamera andalan realme, seperti Chroma Boost dan Super Nightscape, yang bisa membuat hasil foto tampil dengan maksimal.

5. Baterai Awet Yang Sudah Dilengkapi VOOC 3.0 Flash Charge

Selain karena Snapdragon 710 yang memiliki efisiensi lebih baik berkat teknologi 10 nm, realme 3 Pro memiliki daya tahan baterai yang cukup baik berkat kapasitasnya yang besar.

Dengan baterai 4.045 mAh, kami bahkan bisa mendapatkan angka screen-on-time hingga 10 jam 24 menit, yang sudah terbilang cukup lama untuk sebuah smartphone.

Melengkapi daya tahan baterai yang cukup bagus ini, realme 3 Pro pun telah menggunakan teknologi pengisian cepat VOOC 3.0 Flash Charge, yang sepengalaman kami bisa digunakan mengisi baterai hingga penuh selama 80 menit.

Kekurangan realme 3 Pro

1. Masih Memakai Micro USB

Sayangnya, realme 3 Pro masih mengandalkan teknologi Micro USB, padahal beberapa pesaingnya telah menggunakan USB Type-C. Secara teori, Micro USB memiliki kemampuan yang cukup jauh tertinggal dari USB Type-C.

2. Bodi Glasstic yang Mudah Terkena Sidik Jari

Untuk membuat warna dan tampilannya semakin menarik, realme 3 Pro menggunakan bodi berbahan plastik yang dibuat mengkilap. Dan sebagai akibatnya, noda dari sidik jari sangat mudah menempel pada bodinya.Namun hal ini sebenarnya sudah diantisipasi oleh realme. Mereka telah menyertakan casing tambahan dalam paket penjualan yang ditawarkannya.

3. Belum Ada Lensa Wide

Meskipun dilengkapi dengan kamera yang sudah cukup apik, realme 3 Pro memiliki satu kekurangan, yakni belum didukung dengan lensa wide. Meskipun bukan kebutuhan utama, tetapi beberapa penantangnya bahkan mengandal lensa ini sebagai fitur utama.