Kartu SIM atau Subscriber Identity Module merupakan salah satu media yang bisa digunakan untuk memindahkan berbagai macam data, dari kontak ponsel lama ke ponsel yang baru.

Kartu SIM merupakan kartu penting dalam dunia telekomunikasi. Setiap perangkat seluler, termasuk smartphone, membutuhkan kartu ini agar dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan perangkat lain atau untuk dapat terkoneksi dengan internet.

Kartu ini mirip seperti kartu identitas, yang mana di dalamnya memuat beragam informasi penting seperti Integrated Circuit Card ID (ICCID), International Mobile Subscriber Identity (IMSI), Authentication Key, Local Area Identity (LAI), dan nomor panggilan darurat operator.

Terkait

Namun selain itu, di dalam kartu mungil ini juga terdapat database yang bisa digunakan untuk menyimpan data nomor telepon. Karena hal ini, kartu ini bisa menjadi solusi untuk memindah data saat kita sedang beralih ke smartphone baru.

Cara Memindahkan Kontak dari Telepon ke Kartu SIM

Secara umum, pengguna bisa memindahkan kontak dari telepon ke kartu SIM dengan menggunakan menu Export yang ada di aplikasi Contacts. Opsi ini bisa ditemukan di menu Lainnya (ikon titik tiga atau hamburger) atau pada menu Settings.

Namun karena setiap perangkat memiliki penempatan opsi yang berbeda-beda, kami tidak bisa menjelaskan caranya satu per satu secara mendetail. Sebagai contohnya, kami menggunakan perangkat Samsung untuk melakukan hal ini.

Di perangkat Samsung, kamu bisa menemukan opsi Export dengan mengetuk opsi Lainnya (ikon titik tiga) di pojok kanan atas, lalu memilih Manage contacts. Kemudian, dari halaman Manage contact selanjutnya pilih Import/Export contacts.

Untuk memindahkan datanya, tekan tombol EXPORT lalu pilih opsi SIM yang digunakan untuk lokasi penyimpanan data barunya. Selanjutnya, pilih kontak yang akan diekspor dan tekan DONE jika sudah selesai. Terakhir, kamu hanya perlu menekan tombol EXPORT sekali lagi.

Catatan pentingnya, metode ini hanya bisa digunakan pada perangkat-perangkat berbasis sistem operasi Android. Untuk sistem iOS, Apple secara mendasar tidak menyediakan opsi penyimpanan ke kartu SIM, dan sebagai solusinya kamu bisa menggunakan layanan cloud.

Cara Memindahkan Kontak dari Kartu SIM ke Telepon Berbasis Android

Berkebalikan dengan metode di atas, pengguna bisa menggunakan menu Import untuk memindahkan data dari kartu SIM ke telepon Android. Untuk menemukan opsi ini, biasanya lokasinya berdekatan dengan menu Export seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Di perangkat Samsung misalnya, menu ini menjadi bagian dari halaman Import/Export contacts. Dan untuk menggunakannya, kamu hanya perlu menekan tombol IMPORT, kemudian memilih SIM pada FROM, lalu memilih kontak yang akan dipindahkan.

Selanjutnya, jika sudah selesai memilih kontak atau kamu bisa menekan lingkaran di pojok kiri atas untuk memilih semuanya, tekan tombol DONE. Pada opsi TO, kemudian Phone, lalu tekan tombol IMPORT untuk memindahkannya.

Cara Memindahkan Kontak dari Kartu SIM ke Telepon Berbasis iOS (iPhone)

Sementara untuk pengguna iOS, menu mengimpor data dari kartu SIM ke telepon dapat ditemukan pada Settings, lalu masuk ke dalam Contacts. Dari halaman tersebut, kemudian kamu hanya perlu menekan Import SIM Contacts untuk melakukannya.

Setelah berhasil memindahkan kontak, baik untuk pengguna perangkat Android maupun iOS, kamu wajib mengecek terlebih dulu apakah kontak berhasil dipindahkan sebelumnya. Jika belum, kamu bisa mengulangi langkah di atas, dan memastikan semuanya dilakukan dengan benar.