Perkembangan dunia teknologi yang semakin modern, membuat banyak kantor dan para pengusaha beralih menggunakan aplikasi project manager untuk mengontrol dan melancarkan kinerja timnya.

Salah satu platform paling paling populer untuk project management adalah Google, dengan produknya Google Drive, Google Keep, ataupun Google Task. Mengapa? Karena Google menyediakan aplikasi-aplikasi secara gratis dan mudah diakses siapapun.

Meskipun aplikasi-aplikasi tersebut memiliki banyak kelebihan, tak menutup kemungkinan jika aplikasi dari Google juga memiliki cukup banyak kekurangan.

Terkait

Maka dari itu, banyak sekali pengembang yang membuat aplikasi lain dengan menggunakan fitur-fitur tertentu yang lebih menarik dan tentunya lebih memudahkan para pengguna.

Apa sajakah aplikasi-aplikasi tersebut? Nah, ini dia beberapa aplikasi project manager selain Google Task.

Milanote

Sumber Gambar : Capterra

Untuk yang pertama adalah aplikasi Milanote. Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi buatan anak muda Australia yang cukup terkenal di kalangan para pebisnis dan penggiat startup.

Aplikasi Milanote ini berbentuk seperti sebuah board kosong yang dapat kamu isi dengan tag, gambar, catatan, dan lain-lain.

Lebih tepatnya lagi, aplikasi Milanote ini tampak seperti artboard yang bebas kamu isi dan susun sesuai kebutuhan proyek yang sedang kamu kerjakan saat itu.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba versi gratis dari aplikasi ini. Namun, jika kamu ingin memasukan lebih banyak kartu dan konten, mau tidak mau kamu harus meng-upgrade-nya ke versi premium. Dengan menggunakan versi premium, pastinya kamu bisa membagikan artboard milikmu dengan tim kerjamu. Download

Timelinr

Sumber Gambar : YouTube

Aplikasi yang kedua ini lebih menyuguhkan tampilan warna gelap dengan desain retro yang kekinian, hal inilah yang membuat Timelinr terlihat lebih catchy dibanding aplikasi-aplikasi yang lainnya.

Pada awalnya, hadirnya aplikasi Timelinr ini memang ditujukan untuk mengontrol suatu proyek kerja. Jadi tak heran jika aplikasi Timelinr dilengkapi dengan task manager untuk setiap anggotanya.

Saat menggunakan aplikasi ini, kamu bisa memilih beberapa paket tergantung dari jumlah anggota tim yang kamu miliki.

Lebih menariknya lagi, sebelum kamu memutuskan untuk berlangganan aplikasi ini, Timelinr telah menyediakan uji coba secara gratis selama kurang lebih dua minggu. Download

Quip

Sumber Gambar : Work Friends

Didalam aplikasi Quip ini kamu bisa membuat dokumen apa saja yang kamu inginkan. Bahkan bukan hanya dokumen atau note biasa saja, Quip telah menyediakan berbagai macam format yang terdiri dari project planner, budget report, dan lain-lain untuk memudahkan para penggunanya.

Di sebelah dokumen, Quip juga telah menyediakan fitur chat yang akan memungkinkan semua anggota tim dapat melihat serta berdiskusi secara langsung mengenai dokumen atau laporan yang sedang mereka kerjakan. Download

Slack

Sumber Gambar : Slack

Tak berbeda jauh dengan aplikasi sebelumnya, yaitu Quip, aplikasi Slack ini telah menggabungkan grup chat dengan platform berbagai catatan dan dokumen.

Di sini kamu juga dapat membuat notes atau catatan dengan rekan setim kerjamu untuk bisa mendapatkan ide lebih cepat.

Di dalam aplikasi ini terdapat tag yang bisa kamu buat untuk setiap proyek, agar tak tercampur dengan proyek yang lain. Itulah yang membedakan aplikasi ini dengan grup chat biasa.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis, namun untuk jumlah tim yang terbatas. Jika kamu membutuhkan lebih banyak tempat untuk anggota barumu, Slack telah menyediakan beberapa paket langganan untuk menunjang kinerjamu. Download

Nah itu dia beberapa aplikasi project manager selain Google Task yang sangat recommended banget untuk kamu coba.