Salah satu dari sekian masalah yang sering dihadapi oleh para pengguna smartphone adalah baterai yang kurang awet atau tidak tahan lama, hal ini memang sering dikeluhkan oleh sebagian besar masyarakat pengguna smartphone tidak hanya di Indonesia bahkan di dunia. Maka dari itu dibuat lah aplikasi penghemat baterai, tapi sering kali aplikasi seperti ini tidak terlalu efektif untuk menghemat daya.

Salah satu cara untuk menghemat daya baterai adalah membatasi aktivitas latar belakang yang dirasa kurang penting. Bagi kamu pengguna smartphone Xiaomi, ada menu khusus untuk mengatur sistem smartphone secara lebih mendalam atau lebih spesifik, termasuk juga pengaturan tentang aktifitas latar belakang. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk membatasi aktivitas latar belakang di Smartphone Xiaomi untuk menghemat RAM dan baterai.

Langkah:

1. Buka menu Setelan / Settings → kemudian pilih menu Tentang Ponsel / About Phone.

2. Lalu Tap Versi MIUI sebanyak 5x atau sampai muncul teks (Anda Telah Menjadi Pengembang) → setelah itu kembali ke menu pengaturan.

3. Pilih menu Setelan Tambahan / Additional Settings → kemudian pilih menu Opsi Pengembang / Developer Options.

4. Scroll ke bawah.

5. Tap batas proses latar belakang / Background process limit. Disitu terdapat berbagai macam pilihan pengaturan, tapi penulis sarankan jangan memilih Tanpa proses latar belakang karena dikhawatirkan akan ada masalah atau perubahan yang tidak diinginkan di smartphone kamu. Penulis menyarankan untuk memilih maksimal 4 proses latarbelakang / At most 4 processes.

Perlu diketahui bahwa menu pengaturan ini merupakan sebuah pengaturan yang disediakan oleh pihak produsen untuk uji coba.

Cukup sekian untuk artikel tutorial cara membatasi aktivitas latar belakang di smartphone Xiaomi secara penuh. Semoga bermanfaat.