Agar bisa bersaing dengan smartphone dari perusahaan lain, OPPO membekali setiap smartphone buatannya menggunakan sistem operasi Android dengan antarmuka khusus bernama ColorOS.

Berbeda dengan sistem Android murni buatan Google, ColorOS mengalami beberapa modifikasi. Melalui modifikasi tersebut, OPPO memberikan beberapa fitur tambahan, gesture yang bisa disesuaikan, pusat keamanan, screenshot panjang, dan lain sebagainya.

Yang menjadi perbedaan paling terlihat, ColorOS membawa antarmuka yang mirip dengan sistem iOS buatan Apple yang menawarkan tampilan lebih sederhana dan mudah untuk digunakan.

Terkait

Untuk saat ini, ColorOS telah memiliki banyak versi, dengan ColorOS 6 sebagai yang terbaru. Dari versi satu ke versi yang lebih anyar, OPPO senantiasa memberikan perubahan, baik perbaikan, peningkatan maupun penambahan fitur.

Salah satu fitur yang senantiasa ditingkatkan oleh OPPO dari waktu ke waktu adalah fitur edit kontak, yang di dalamnya termasuk fitur hapus kontak. Pada versi lawas, fitur ini agak susah ditemukan, tetapi hal tersebut sangat berbeda sekarang.

Cara Menghapus Kontak di HP OPPO Dengan ColorOS Lawas

Berbeda dari kebanyakan sistem operasi, ColorOS lawas seperti versi 3.1 tidak menampilkan opsi yang cukup lengkap pada aplikasi Contact. Salah satunya, versi ini tidak memiliki opsi hapus kontak di dalamnya.

Agar bisa menghapus kontak, pengguna harus sedikit berupaya. Hal ini karena fitur ini tersedia secara terpusat di bagian Settings, kemudian di menu Contacts. Dari menu ini, pengguna bisa menghapus kontak dengan menekan Delete contacts in batches.

Selanjutnya, pengguna bisa memilih kontak yang akan dihapus. Dalam hal ini, pengguna bisa menghapus lebih dari satu kontak. Dan jika sudah selesai memilihnya, pengguna dapat mengetuk tombol Delete.

Sebagai alternatif lain, pengguna juga bisa menghapus kontak melalui Google Contacts dari komputer. Syaratnya, kontak di smartphone harus tersinkronisasi dengan layanan Google Contacts.

Cara Menghapus Kontak di HP OPPO Dengan ColorOS Baru

  • Masuk ke aplikasi Contact
  • Pilih kontak yang akan dihapus
  • Selanjutnya, klik Delete Contact dari menu yang ditampilkan

Sedangkan untuk menghapus banyak kontak secara bersamaan, pengguna dapat menekan tombol Edit di pojok kanan atas halaman, lalu memilih kontak yang akan dihapus, dan menekan tombol Delete jika sudah selesai.