Garansi Shopee bisa menjamin semua transaksimu lebih aman. Karena jika terjadi hal yang tidak diinginkan, dengan Garansi Shopee, kamu bisa mengajukan pengembalian dana maupun barang.

Shopee memang salah satu platform belanja online yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan dalam riset yang dilakukan App Anie, aplikasinya menjadi aplikasi belanja yang paling banyak diunduh.

Kesuksesan ini tentunya tidak terlepas dari berbagai macam fitur dalam layanan belanja tersebut, termasuk salah satunya adalah fitur garansi yang disebut dengan Garansi Shopee.

Terkait

Garansi Shopee merupakan perlindungan dari Shopee bagi pengguna, dengan sistem menahan dana transaksi sampai mereka mengonfirmasi bahwa barangnya telah diterima dengan baik.

Lamanya masa Garansi Shopee dihitung dari lama waktu pengemasan ditambah estimasi waktu pengiriman, yang dihitung sejak pelanggan telah memberikan konfirmasi pembayaran pesanannya.

Menariknya, masa Garansi Shopee ini bisa diperpanjang. Bagi yang belum tahu, untuk menambah masa Garansi Shopee bisa dilakukan dengan mengunjungi halaman rincian pesanan, lalu mengeklik tombol Perpanjangan Masa Garansi Shopee.

Keuntungan Garansi Shopee

Selama dalam masa Garansi Shopee dan pelanggan belum menekan tombol Pesanan Diterima, pelanggan masih bisa mengajukan pengembalian dana. Artinya, saat terjadi masalah seperti barang tidak dikirimkan atau barang diterima tidak sesuai pesanan, pelanggan bisa meminta agar dananya dikembalikan.

Namun perlu ditegaskan, pengembalian dana ini bersifat pengajuan ke penjual. Penjual bisa saja menolak pengajuan tersebut. Namun, hal ini berlaku selama tiga hari, jika tidak ada respon, maka proses pengembalian dana akan dilakukan sesuai metode pembayaran yang digunakan.

Jika kamu menggunakan metode pembayaran transfer Bank, Indomaret, Alfamart, atau ShopeePay dan akan dikembalikan ke ShopeePay. Sedangkan untuk selain itu, seperti kartu kredit, debit online, Akulaku, dan Kredivo, akan dikembalikan ke masing-masing akun tersebut.

Cara Mengajukan Pengembalian Dana di Shopee

1. Buka Rincian Pesanan (tab Saya > Belanjaku > tab Sedang Dikemas) dari transaksi

2. Dari halaman tersebut kemudian pilih tombol Ajukan Pengembalian Barang/Dana

3. Pilih barang yang akan dikembalikan

4. Pilih alasan pengembalian

5. Masukan alamat email yang digunakan

6. Lalu klik tombol Kirimkan

Untuk memperkuat proses pengajuan pengembalian dana, pelanggan bisa mengirimkan foto, video, atau screenshot transaksi sebagai bukti ke alamat email dispute@shopee.co.id.