Bisa mengetik secara lancar di perangkat mobile baik smartphone maupun tablet memang menyenangkan, karena selain menghemat waktu untuk mengetik juga dapat meminimalisir terjadinya  kesalahan ketik alias typographical error. Nah, ada beberapa faktor yang mempengaruhi agar mengetik bisa lancar, selain harus hafal letak huruf ada di mana, aplikasi keyboard yang digunakan juga harus nyaman dan presisi.

Memang, setiap smartphone maupun tablet sudah pasti dibekali dengan aplikasi keyboard bawaan. Namun, tidak sedikit dari aplikasi tersebut yang terasa kurang nyaman saat digunakan. Untuk itu, beberapa aplikasi keyboard di bawah ini mungkin bisa kamu unduh dan install di perangkat mobile milikmu, baik itu perangkat Android maupun iOS.

1. Gboard

Sesuai namanya, aplikasi keyboard ini dibuat oleh Google. Namun tidak hanya disediakan untuk Andorid saja, karena Gboard disediakan juga untuk perangkat iOS. Google merancang aplikasi keyboard ini agar pengguna bisa mengetik dengan cepat dan tepat. Menariknya, Gboard ini sudah didukung oleh berbagai jenis bahasa dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Salah satu fitur yang memungkinkan aplikasi ini bisa digunakan untuk mengetik dengan cepat adalah “Ketik Geser”, dimana pengguna hanya tinggal menggeser jari dari huruf ke huruf sesuai dengan kata yang ingin diketik. Selain itu, Gboard juga memiliki fitur lain yang tak kalah menarik, seperti Dikte, Tulis Tangan, Penelusuran Emoji, Pengetikan Multibahasa, dan lain sebagainya. Bila ada yang berminat, silakan kamu mengunduhnya dengan cara klik link ini untuk Android dan link ini untuk iOS.

2. SwiftKey

SwiftKey merupakan aplikasi keyboard yang dikembangkan oleh Microsoft. Aplikasi ini memungkinkan untuk mempelajari gaya mengetik penggunanya, sehingga pengguna bisa mengetik dengan lebih cepat dengan aplikasi SwiftKey ini. Tidak hanya bisa mengetik huruf saja, SwiftKey juga bisa mengetik emoji, sticker, dan GIF. Menariknya lagi, SwiftKey juga sudah dibekali dengan teknologi AI yang memungkinkan aplikasi ini bisa memprediksi penulisan dan mengecek ejaan penulisan agar tidak terjadi kesalahan ketik. Aplikasi keyboard buatan Microsoft ini juga memiliki dukungan bahasa yang terhitung banyak, lebih dari 300 bahasa dari berbagai negara. Berminat untuk mengunduh aplikasi SwiftKey? Jika iya, silakan langsung saja menuju Google Play dan App Store untuk mengunduhnya.

3. Fleksy

Aplikasi keyboard bernama Fleksy ini juga bisa diandalkan untuk melakukan pengetikan secara cepat. Aplikasi ini sudah menggunakan teknologi koreksi otomatis terkini yang memungkinkan pengguna bisa mengetik dengan cepat meskipun tanpa harus melihat papan keyboard. Untuk dukungan bahasa memang tidak terlalu banyak, hanya ada 40 bahasa, namun bahasa Indonesia sudah termasuk di dalamnya. Fleksy memiliki kemampuan menghapus yang simpel namun sangat berguna, cukup geser jari ke kiri dan itu akan menghapus kata yang ingin dihapus. Selain itu, Fleksy juga menawarkan lebih dari 50 tema penuh warna yang membuat tampilan keyboard di perangkat mobile milikmu menjadi terlihat lebih menarik lagi. Aplikasi ini tersedia baik untuk Android dan iOS. Silakan klik saja link ini untuk mengunduhnya di Google Play dan klik link ini untuk mengunduhnya di App Store.

4. Minuum Keyboard

Minuum Keyboard didesain agar pengguna bisa mengetik kata atau kalimat dengan cepat. Aplikasi keyboard ini memiliki ukuran yang termasuk kecil agar lebih banyak ruang yang tersisa di layar. Pengguna tidak perlu lagi takut salah ketik, karena Minuum Keyboard memiliki kemampuan untuk melakukan koreksi secara otomatis dengan tepat. Selain itu, aplikasi ini juga bisa memprediksi kata yang ingin kamu tuliskan dengan presisi untuk menghemat waktu pengetikan. Berbagai tema menarik juga ditawarkan oleh aplikasi ini, sehingga pengguna bisa memilih tema mana yang sesuai dengan keinginannya. Asyiknya lagi, aplikasi ini juga menawarkan mode pengetikan satu tangan agar pengguna bisa mengetik dengan lebih nyaman lagi jika ia menggunakan smartphone berukuran besar. Apabila ada yang ingin mengunduhnya, silakan klik saja link ini untuk mendapatkannya di Google Play dan klik link ini untuk mengunduhnya di App Store.

5. MessagEase

Aplikasi keyboard bernama MessagEase ini termasuk unik. Itu karena aplikasi ini tidak mengadopsi keyboard bergaya QWERTY. Penempatan hurufnya diatur berdasarkan penelitian selama bertahun-tahun dan dirancang serta ditata sedemikian rupa agar pengguna bisa melakukan pengetikan dengan cepat dan akurat. Dampaknya tentu saja pengguna harus beradaptasi lagi apabila ingin menggunakan aplikasi ini untuk mengetik karena letak hurufnya yang tidak familiar. Namun, jika pengguna sudah mengetahui trik mengetik menggunakan aplikasi MessagEase ini, maka mereka bisa melakukan pengetikan dengan cepat dan akurat. Bahkan ada pengguna aplikasi ini yang bisa mengetik hingga 82 kata permenit, yang jumlah tersebut lebih banyak dari jumlah pengetikan menggunakan 10 jari sekalipun. Pengguna bisa menyesuaikan tampilan keyboard-nya mau seperti apa, misalnya mau seberapa besar ukurannya dan warna apa yang digunakan. Selain itu, jenis font apa yang digunakan juga bisa diatur sesuai dengan keinginan pengguna. Jika penasaran dan tertarik untuk menggunakan aplikasi MessagEase ini, silakan langsung saja mengunduhnya di Google Play dan App Store.