Youtube kian serius dalam memberantas Hoax. Baru-baru ini Youtube dikabarkan akan menghadirkan fitur dalam mencegah Hoax.

Fitur ini pertama kali meluncur di India dan akan tersedia dalam bahasa Hindi dan Inggris. Seperti diketahui, India merupakan salah satu negara yang penyebaran hoaksnya cukup masif.

Seperti dilaporkan The Verge, untuk mencegah Hoax,Youtube meluncurkan panel notifikasi baru yang muncul ketika pengguna mencari yang kontroversial.

Notifikasi berupa cek fakta akan muncul di bagian atas pada hasil pencarian dan akan menawarkan pemeriksaan fakta dari mitra yang terverifikasi untuk membantu memerangi penyebaran berita hoaks.

Belakangan ini, Youtube telah menerapkan sejumlah perubahan dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini diharapkan mampu untuk memerangi video yang menyematkan informasi palsu.

Youtube telah mendapatkan tekanan setelah munculnya akun-akun controversial seperti Alex Jones dan beberapa teori konspirasi palsu.

Sebelumnya Juga Youtube mengenalkan alogoritme dalam mencari konten-konten negatif.

Youtube memblokir tiga akun setelah mengunggah video game play Pokemon Go. Adapun ketiga akun tersebut adalah Mystic7, Trainer Tips, dan Marksman.

Youtube memang cukup aktif memonitor platform-nya agar berjalan sesuai aturan. Pekerjaan ini dilakukan oleh bantuan mesin yang terkadang salah menerjemahkan suatu konten.

Sebagai jawaban kekhawatiran dari kreator, pengguna, dan pengiklan atas video yang digunakan untuk mengeksploitasi anak-anak, Youtube menutup 400 channel dan menghapus puluhan juta komentar.

Hal ini dilakukan supaya, menjaga agar orang-orang tetap aman. Konten apa pun termasuk komentar yang membahayakan anak di bawah umur Youtube memiliki kebijakan yang jelas melarang ini di Youtube.