Berada di bawah payung Facebook, kini popularitas Instagram semakin meningkat di dunia dengan jumlah pengguna aktif lebih dari 1 miliar.

Sekilas, Instagram sendiri merupakan salah satu jejaring sosial yang mengizinkan penggunanya untuk mengunggah foto untuk dipamerkan ke banyak orang. Foto-foto yang diunggah oleh pengguna aplikasi ini biasanya memiliki fitur dan kata-kata mutiara yang menarik sehingga akan menarik pengguna lainnya dalam melakukan komentar.

Namun terkadang terdapat komentar buruk sehingga memicu perdebatan sengit di foto yang telah diunggah di Instagram. Untuk itu, bagi anda yang ingin membatasi komentar agar tidak dipenuhi spam atau kata-kata yang negatif maka dapat melihat tutorial membatasi komentar di Instagram sebagai berikut ini.

Cara Membatasi Kolom Komentar di Instagram

1. Pertama, anda dapat langsung membuka aplikasi Instagram

2. Pada aplikasi Instagram, anda dapat langsung ke menu Profile

3. Pada halaman Profile, anda dapat menekan menu berlambang 3 garis di bagian kanan atas

4. Selanjutnya, anda dapat memilih menu Settings

5. Pada halaman Settings, anda dapat memilih menu Privacy and Security

6. Dalam halaman Privacy and Security, anda dapat memilih menu Comment controls

7. Selanjutnya, anda dapat menentukan metode pemblokiran berdasarkan Allow Comments from, Block Comments from, Hide offensive comments, hingga Manual Filter

8. Dalam hal ini, saya memilih Block Comment from untuk menentukan akun mana saja yang tidak boleh melakukan komentar di akun saya

9. Kemudian, anda hanya tidak kembali ke halaman utama Instagram dan secara otomatis akun yang diblok tidak bisa melakukan komentar

Sekilas, Allow Comment from merupakan fitur yang mengizinkan beragam akun melakukan komentar pada foto yang telah diunggah. Dalam menu Allow Comment form, terdapat pilihan Everyone, People you follow and your followers, People you follow, dan Your Follower.

Apabila anda memilih pilihan Everyone maka semua akun di Instagram boleh melakukan komentar di foto yang telah diunggah oleh anda ke Instagram. Sementara People you follow and your followers merupakan akun yang mengikuti dan diikuti oleh anda.

Kemudian, People you follow merupakan akun yang diikuti oleh anda. Sementara itu, Your Follower merupakan akun yang mengikuti anda. Apabila anda ingin langsung memblokir komen dari akun yang ditentukan maka dapat memilih Block Comment from.

Masih di halaman Comment controls, terdapat filters yang terdiri dari Hide offensive comments dan Manual Filter. Untuk filter Hide offensive comments akan secara otomatis menyembunyikan komentar yang bersifat menyerang atau umpatan.

Sementara apabila Manual Filter diaktifkan maka anda dapat menentukan kata-kata atau frase yang diinginkan sehingga dapat langsung diblok di kolom komentar. Selain itu, terdapat juga Filter most reported words yang akan secara otomatis menyembunyikan kata-kata atau frase yang sering dilaporkan di dalam kolom komentar.

Bisa dibilang, Instagram sudah menyiapkan beragam fitur yang cukup efektif untuk memblokir atau membatasi komentar pengguna lain di aplikasinya. Tentu saja hal ini sangat membantu untuk memblokir komentar dengan kata-kata tidak senonoh.