Menggunakan headset bluetooth sangat berbeda dengan menggunakan headset biasa. Jika headset biasa bisa digunakan hanya dengan menancapkan jack-nya, lalu bagaimana dengan headset bluetooth?

Advertisement

Perkembangan teknologi yang cukup pesat telah memicu munculnya banyak teknologi baru, termasuk perangkat audio wireless alias tanpa kabel, dari mulai headset, earphone, headphone, hingga speaker.

Samsung adalah salah satu perusahaan elektronik yang ikut serta dalam hal ini. Perusahaan yang terkenal dengan produk berkualitasnya ini pun memiliki beberapa produk audio wireless yang akan sangat memanjakan telinga.

Beberapa produk audio wireless tersebut berupa perangkat headset dan earphone, termasuk di antaranya adalah seperti Level U, Level U Pro, Level On Wireless, dan Level On Wireless Pro.

Menariknya, guna mempermudah para penggunanya, Samsung memberikan dua alternatif cara agar perangkat-perangkat tersebut dapat digunakan pada perangkat lain, seperti smartphone atau laptop.

Melalui Pairing Bluetooth Seperti Biasa

Untuk dapat menggunakan perangkat headset atau earphone bluetooth dari Samsung, kamu terlebih dahulu harus menghidupkan perangkatnya. Dalam hal ini, kamu tinggal menekan atau menggeser tombol on/off sesuai dengan perangkat yang kamu gunakan.

Selanjutnya, kamu harus mengaktifkan perangkat headset atau earphone bluetooth Samsung tersebut ke mode pairing. Jika mode ini sudah aktif, kamu bisa menghidupkan bluetooth pada perangkat smartphone atau laptop yang akan ditambatkan.

Akan muncul nama perangkat headset atau earphone yang akan ditambatkan pada daftar perangkat bluetooth di smartphone atau laptop. Untuk menghubungkannya, kamu tinggal mengetuk nama tersebut.

Sebagai tambahan informasi, untuk mengaktifkan mode pairing, setiap perangkat punya metode berbeda-beda. Ada yang cukup dengan menggeser tombol on/off ke arah simbol Bluetooth beberapa saat, ada juga yang hanya perlu menekan tombol on/off sebanyak tiga kali.

Jika berhasil, mode pairing ini biasanya akan diikuti dengan munculnya indikator tertentu, seperti perubahan warna pada LED notifikasi atau indikator lain sesuai perangkat wireless yang kamu miliki.

Melalui Fitur NFC

Untuk menggunakan headset atau earphone bluetooth Samsung, pengguna juga bisa memanfaatkan dukungan fitur NFC yang telah ditanamkan pada beberapa perangkat. Syaratnya, perangkat yang akan ditambatkan juga harus mendukung fitur ini.

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu mengaktifkan fitur NFC dari perangkat yang akan ditambatkan, kemudian mendekatkannya ke bagian antena NFC dari headset atau earphone bluetooth Samsung.

Lokasi antena NFC ini bisa berbeda-beda pada beberapa perangkat. Misalnya, pada perangkat Level On Wireless, kamu bisa mendekatkan smartphone ke area headset untuk telinga sebelah kiri (L).