Huawei memiliki beberapa perangkat Mobile Wi-Fi atau kerap dipanggil MiFi, yang bisa menjadi solusi bagi para pengguna internet, untuk dapat mengakses internet dengan lebih mudah.

Berbeda dengan perangkat Wi-Fi pada umumnya, perangkat MiFi ini dapat bekerja tanpa memanfaatkan jaringan internet kabel seperti yang ada di rumah atau kantor. Akan tetapi, perangkat inimemanfaatkan jaringan seluler, seperti 3G maupun 4G LTE.

Namun terlepas dari itu, perangkat ini juga bekerja layaknya perangkat Wi-Fi pada umumnya. Salah satunya, para pengguna juga harus memperhatikan aspek keamanan agar jaringan internetnya tidak dapat diakses oleh sembarang orang.

Para pengguna harus rajin mengganti SSID (nama Wi-Fi) dan password yang digunakannya, supaya kuotanya tidak cepat habis karena digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Huawei sendiri dalam hal ini telah menyiapkan aplikasi khusus guna mempermudah para pengguna dalam mengatur banyak hal, termasuk untuk mengatur SSID dan password MiFi. Aplikasi khusus ini adalah Huawei Link atau HiLink.

Cara Mengganti SSID dan Password MiFi Huawei

1. Unduh aplikasi Huawei Link dari Google Play Store atau App Store

2. Buka aplikasi dan login menggunakan akun dan password yang tercantum di perangkat

3. Jika sudah, klik tombol Settings di pojok kanan atas halaman

4. Masuk ke dalam opsi My Wi-Fi

5. Ubah nama Wi-Fi dan Password sesuai yang diinginkan

6. Selanjutnya, tekan tanda centang di pojok kanan atas halaman jika sudah selesai

Huawei Link bisa digunakan pada banyak perangkat Wi-Fi buatan Huawei, termasuk di antaranya adalah Huawei Mobile WiFi (E5 series), Huawei routers, Honor Cube, dan Huawei home gateways.

Secara khusus untuk MiFi-nya, aplikasi ini bisa digunakan pada MiFi dengan tipe E5331, E5332, E5372, E5375, E5756, E5151, E5220, E5221, E5251, E589, E5730, E5776, E5377, E5786, E5573, EC5321, EC5377U, E5771s, HWD34, dan HWD35.

Sebagai tambahan informasi, di Indonesia sendiri, beberapa MiFi tersebut telah di-bundling dengan salah satu layanan dari operator tertentu, seperti Smartfren, Telkomsel, atau Bolt yang terpaksa tutup mulai akhir desember lalu