Pengguna perangkat iPhone punya 2 cara yang umum digunakan untuk dapat terhubung ke internet. Yaitu Cellular Data dan Wi-Fi.

Advertisement

Cellular Data atau paket data internet biasanya akan menjadi akses internet paling utama, terutama kalau kamu banyak melakukan mobilitas.

7 Pengaturan Hemat Penggunaan Paket Data Internet

Dalam artikel ini saya akan membagikan beberapa tips pengaturan untuk menghemat penggunaan paket data intenet di iPhone dengan iOS 12. Simak langsung ya!

1. Akses App Store dengan Cellular Data1. Masuk ke aplikasi Settings.

2. Akses bagian Cellular.

3. Scroll ke bagian bawah di Cellular Data.

4. Cari aplikasi App Store dan matikan knob hijau di sebelah kanan.

2. Wi-Fi AssistWi-Fi Assist adalah fitur yang akan memindahkan koneksi internet Wi-Fi ke Cellular Data secara otomatis, ketika koneksi Wi-Fi dianggap tidak stabil atau offline.

Dengan menggunakan Wi-Fi Assist, kamu akan menjadi lebih sering menggunakan paket data internet apalagi ketika koneksi Wi-Fi sangat lambat. Berikut ini cara mematikan pengaturan Wi-Fi Assist:

1. Masuk ke aplikasi Settings.

2. Akses bagian Cellular.

3. Scroll ke bagian paling bawah.

4. Matikan kbob hijau di sebelah Wi-Fi Assist.

3. Mematikan Automatic Download dengan Cellular Data1. Masuk ke aplikasi Settings.

2. Akses bagian iTunes & App Store.

3. Matikan pengaturan Use Cellular Data.

4. Video Autoplay di App StoreApp Store di iOS 12 punya tampilan baru yang mendukung Video Autoplay. Meskipun sangat singkat, mematikan Video Autoplay bisa sedikit membantu kamu menghemat paket data di iOS 12. Berikut ini cara mematikan Video Autoplay di App Store iOS 12:

1. Masuk ke aplikasi Settings.

2. Akses bagian iTunes & App Store.

3. Akses bagian Video Autoplay.

4. Pilih ON untuk mengaktifkan Video Autoplay dengan Cellular Data, Wi-Fi Only untuk koneksi Wi-Fi saja dan OFF untuk mematikan Video Autoplay dengan Cellular Data dan Wi-Fi.

5. Background App RefreshBackground App Refresh adalah pengaturan untuk mengijinkan aplikasi melakukan pembaruan di belakang layar seputar konten di dalamnya.

Mematikan pengaturan Background App Refresh dapat menjadi salah satu cara hemat baterai dan paket data internet. Berikut ini cara mematikan Background App Refresh di iOS 12 untuk Cellular Data:

1. Masuk ke aplikasi Settings.

2. Akses bagian General – Background App Refresh.

3. Masuk ke Background App Refresh dan pilih sesuai kebutuhan yaitu Off, Wi-Fi atau Wi-Fi & Cellular Data.

6. Apple Music dan Paket Data InternetBagi kamu pelanggan Apple Music, ada beberapa pengaturan untuk menghemt penggunaan paket data internet di iOS 12, berikut ini daftarnya.

1. Masuk ke aplikasi Settings.

2. Akses bagian Music.

3. Masuk ke Cellular Data.

4. Matikan tombol Cellulat Data di bagian atas. Jika tidak, kamu bisa mengatur tombol Streaming, High Quality Streaming dan Download sesuai kebutuhan.

7. Pengaturan di Aplikasi Pihak Ketiga

Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang memiliki pengaturan untuk menghemat penggunaan paket data internet.

Contohnya adalah WhatsApp yang mendukung pengaturan Low Data Usage untuk melakukan panggilan dengan paket data internet.

Berikutnya adalah YouTube yang memberikan pengaturan download aplikasi hanya menggunakan koneksi Wi-Fi.

Akhir Kata

Dari semua pengaturan di atas, mungkin ada beberapa yang tidak tepat dengan kebiasaan kamu menggunakan perangkat iOS 12.