Pada tahun 2018 silam, Xiaomi berhasil menduduki peringkat keempat di dunia dan kedua di Indonesia. Tentu saja hal ini merupakan prestasi membanggakan bagi Xiaomi selama perjuangannya beberapa tahun terakhir ini.

Namun terkadang pengguna Redmi sering kesal dengan hadirnya bloatware (aplikasi bawaan HP) yang mengganggu karena memakan kapasitas internal maupun RAM padahal tidak digunakan.

Untuk itulah, banyak pengguna smartphone Xiaomi yang merasa penasaran untuk menonaktifkan aplikasi yang dirasa tidak berguna ini agar tidak terlalu memakan kapasitas RAM. Nah, bagi anda yang penasaran ingin menonaktifkan aplikasi tersebut maka dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini.

Cara Menonaktifkan Aplikasi di HP Xiaomi

1. Pertama, anda dapat menyalakan smartphone atau HP Xiaomi terlebih dahulu

2. Selanjutnya, anda dapat membuka aplikasi atau menu Settings

3. Pada halaman Settings, anda dapat memilih Installed Apps

4. Selanjutnya masuk halaman Manage Apps, anda dapat memilih aplikasi sistem yang akan dinonaktifkan

5. Sebagai contoh, saya mencoba untuk menonaktif aplikasi Browser

6. Selanjutnya, saya memilih aplikasi Browser dan akan berpindah ke halaman informasi Browser

7. Pada bagian paling bagian paling bawah, anda dapat langsung memilih Disable

8. Selanjutnya, aplikasi akan otomatis nonaktif di HP Xiaomi

Sebagai catatan, aplikasi yang bisa dinonaktifkan di HP Xiaomi ini biasanya merupakan aplikasi bawaan yang sudah ada sejak awal pembelian karena biasanya aplikasi yang diinstal sendiri masih dapat di-uninstall maupun instal sesuai keinginan penggunanya.

Namun anda harus berhati-hati jangan sampai salah menonaktifkan aplikasi di HP Xiaomi karena beberapa ada yang merupakan aplikasi untuk komponen sistem. Apabila aplikasi komponen sistem ini dinonaktifkan, biasanya akan berakibat fatal pada jalannya sistem operasi. Bahkan akan sering terjadi hang ketika sampai salah dinonaktifkan.

Sementara itu, apabila anda ingin mengaktifkan kembali aplikasi yang telah dinonaktifkan tersebut maka dapat kembali ke halaman Installed Apps yang terdapat pada menu Settings. Nantinya anda dapat memilih aplikasi yang diinginkan, misalnya Browser.

Setelah halaman info Browser terbuka maka anda dapat langung menekan tombol Enable untuk mengaktifkannya kembali. Bisa dibilang cara yang satu ini sangat mudah untuk dilakukan oleh pengguna pemula Xiaomi sekalipun.

Menurut anda, apakah cara yang satu ini praktis untuk menonaktifkan aplikasi di HP Xiaomi? Namun apabila anda punya cara lain untuk menonaktifkan aplikasi tersebut maka dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini.