Jika Anda belum pernah menggunakan Google Assistant di smartphone Android, Google memberi alasan kuat untuk Anda mulai menggunakannya sebentar lagi.

Pada keynote di CES 2019, perusahaan mengatakan telah selesai mengintegrasikan Google Assistant ke Google Maps untuk Android dan iOS.

Dengan begitu, pengguna Google Maps kelak akan bisa berbagi ETA, membalas pesan teks atau mendengarkan musik tanpa menutup layar navigasi saat di jalan.

Terkait

Google Assistant dan Google Maps merupakan opsi standar yang sudah terinstal sejak awal di Android, jadi tidak perlu ada instalasi baru untuk pengguna Android.

Menempatkan Asisten ke Peta tampaknya merupakan langkah logis dalam ekosistem Google, tetapi perusahaan punya alasan yang lebih besar dalam mengambil langkah ini, yakni kurangnya minat di pengguna iPhone.

Pelanggan Apple tidak menginstal Asisten sebagai aplikasi terpisah dari Apple Store, tetapi ada basis instalasi besar untuk Maps. Dengan cara itu pemilik iPhone bisa memperoleh semua informasi secara gratis tanpa memerlukan asisten bawaan Apple Siri.

Selama acara tersebut, Google juga mengumumkan pengguna akan bisa mengelola penerbangan dengan Asisten, termasuk check-in untuk mendapatkan boarding pass digital. Layanan sedang diuji dengan United untuk saat ini, maskapai besar lainnya segera.

Perusahaan berharap bisa mencapai target satu miliar perangkat yang menginstal Asisten pada akhir bulan ini, di lebih dari 10.000 jenis perangkat dan di 1.000 lebih merek.