Guna menunjang kemudahan dalam mengendalikan perangkatnya, Apple melengkapi perangkat iPhone dengan fitur AssistiveTouch yang salah satunya fungsinya bisa untuk memunculkan tombol home.

Apple memang salah satu perusahaan teknologi yang cukup pandai menawarkan kenyamanan bagi para pengguna melalui sistem operasi untuk perangkat selulernya, yakni iOS.

Selain menawarkan keefektifan dan efisiensi yang cukup baik, sistem operasi ini menawarkan berbagai macam fitur tambahan yang cukup berguna bagi para penggunanya, dan salah satunya adalah fitur AssistiveTouch.

Fitur AssistiveTouch merupakan fitur yang dapat mempermudah pengguna dalam mencari dan mengatur pengaturan tertentu di perangkat Anda seperti Volume, Rotasi Layar, Kunci Layar, dan lainnya.

Terkait

Fitur ini juga dapat digunakan sebagai alternatif lain untuk melakukan navigasi, seperti untuk kembali ke halaman layar utama (Home screen) atau untuk mengakses pusat pemberitahuan.

Cara Mengaktifkan AssistiveTouch Untuk Memunculkan Tombol Home di iPhone

1. Pertama-tama, pengguna dapat masuk ke bagian Settings

2. Pilih opsi General

3. Kemudian masuk ke opsi Accessibility

4. Selanjutnya pilih AssistiveTouch atau Accessibility Shortcut

5. Dan yang terakhir, pastikan tombol AssistiveTouch dalam keadaan hidup

Selain menggunakan cara di atas, pengguna perangkat iPhone juga dapat mengaktifkan fitur AssistiveTouch melalui asisten virtual Siri. Caranya, pengguna hanya perlu membuka Siri dan mengucapkan “Turn on AssistiveTouch”.

Saat opsi Accessibility Shortcut aktif, pengguna juga dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur AssistiveTouch dengan menekan tombol Samping sebanyak 3 kali (untuk perangkat iPhone X atau yang lebih baru).

Atau untuk perangkat yang lebih lama, yang notabene masih ada tombol Home-nya, pengguna dapat mengaktifkannya dengan menekan tombol Home tersebut dengan jumlah yang sama (tiga kali).

Setelah aktif, maka akan muncul tombol melayang di layar, yang bisa digeser-geser sesuka hati penggunanya. Dengan mengetuk tombol tersebut, akan muncul beberapa menu pilihan, termasuk tombol Home salah satunya.

Dan jika pengguna menggunakan iPhone 6s atau iPhone 6s Plus, pengguna juga dapat menggunakan fitur 3D Touch yang ada di dalamnya ke dalam fitur AssistiveTouch ini. Dalam hal ini, pengguna dapat mengatur sendiri aksi yang ingin diterapkannya.