Beberapa waktu lalu, BOLT 4G LTE secara resmi mengumumkan bahwa telah melakukan penghentian operasinya mulai dari tanggal 28 Desember 2018. Keputusan ini diambil karena BOLT 4G LTE tidak mampu membayar hutangnya pada Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Advertisement

Hal ini pun berdampak pada pencabutan izin jaringan 4G-LTE milik BOLT 4G LTE di Jabodetabek dan Medan. Dengan kata lain penyedia layanan jaringan 4G-LTE ini secara resmi telah berhenti selamanya di Indonesia.

Namun untuk meminta maaf kepada beberapa pelanggan aktif BOLT yang menggunakan layanan prabayar maupun pascabayar, pihak BOLT 4G LTE akan menghadirkan Refund System kepada pelanggannya sehingga dapat meminta uang pengembalian sisa pulsa dan/atau kuota yang belum terpakai.

Nantinya pengembalian pembayaran di muka (Advance Payment) akan disesuaikan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Pihak BOLT mengatakan bahwa pengembalian melalui BOLT Refund System akan diselenggarakan selama 1 bulan yang dimulai sejak hari Senin tanggal 31 Desember 2018 hingga 31 Januari 2019.

Untuk itu, bagi anda yang penasaran untuk mengikuti BOLT Refund System ini maka dapat melihat tutorial singkatnya sebagai berikut ini :

1. Pertama, anda dapat langsung mengunjungi halaman BOLT Refund System ini

2. Setelah masuk maka anda akan diminta oleh pihak BOLT untuk mengisi nomor ICCID (Integrated Circuit Card Identifer), yaitu 18 digit angka yang berada di belakang kartu SIM Bolt. Namun apabila pelanggan BOLT

3. HOME maka dapat melakukan input nomor BOLT yang digunakan

4. Apabila anda telah memasukkan nomor ICCID atau nomor BOLT HOME maka pihak BOLT akan memulai proses verifikasi

5. Setelah verifikasi selesai maka anda akan mendapatkan email notifikasi berupa dana atau kuota yang akan dikembalikan pihak BOLT

6. Jika sudah mendapatkan data lengkap mengenai jumlah dana yang akan di-refund pihak BOLT maka anda dapat langsung mengunjungi BOLT Zone terdekat di kotanya dengan membawa data diri, foto kopi KTP, dan buku tabungan.

Bisa dibilang proses refund yang dilakukan oleh pihak BOLT ini sangat mudah, dimana penggunanya hanya tinggal mengunjungi situs resmi BOLT Refund System dan mengikuti prosedur yang diberikan hingga uang refund cair.

Namun bagi anda yang ingin tetap menggunakan MiFi BOLT untuk jaringan 4G-LTE maka pihak BOLT menawarkan migrasi ke Smartfren dengan program tukar kartu SIM untuk pelanggan Prabayar maupun Pascabayar di BOLT Zone terdekat.

Bisa dibilang penukaran ini menarik karena bagi pelanggan Prabayar akan mendapatkan kartu Perdana NOW+ Smartfren dengan gratis kuota utama 2,5 GB + kuota malam 3,5 GB. Sementara pelanggan Pascabayar akan mendapatkan kartu Perdana Pascabayar Smartfren dengan diskon 50% pembayaran dari pembelian paket bulan pertama.