Sejumlah pabrikan smartphone asal Cina yang fokus untuk menggarap kelas menengah sudah menggebrak pasar di awal tahun ini. Lantas, apakah LG yang juga punya smartphone kelas menengah berdiam diri? Rupanya tidak! LG Kabarnya sedang mempersiapkan LG Q9.

Ya! Diharapkan smartphone ini akan diperkenalkan di ajang CES 2019 yang tidak lama lagi akan digelar di Las Vegas, Amerika Serikat. Namun sebelum lebih jauh, perangkat yang diduga kuat LG Q9 telah tercantum di dalam situs benchmarking Geekbench.

Ya! Smartphone LG yang tercantum di Geekbench itu memiliki nomor model “LGE LM-Q925L” dengan dukungan chipset yang sedikit “aneh” kedengarannya. Tertulis, chipset yang digunakan adalah msm8996 yang tidak lain adalah Snapdragon 821.

Terkait

Bahkan sebelumnya telah beredar kabar yang ditegaskan oleh sejumlah pembocor ternama bahwa LG Q9 dikatakan sebagai “LG G7 Fit”. Tak hanya dukungan internalnya, tetapi juga memiliki kesamaan dari sisi desain ekteriornya.

Dari sini tak sedikit yang berspekulasi bahwa LG Q9 akan punya nomor model LM-Q925K/L/S. Layarnya berukuran 6,1 inci dengan teknologi LCD IPS dan memiliki resolusi 1440 x 3120. RAM yang bakal dibenamkan sebesar 4 GB dengan internal storage berkapasitas 3.000 mAh.

Selain itu, diperkirakan LG Q9 akan disokong baterai berkapasitas 3.000 mAh dengan dukungan Quick Charge 3.0. Akan ada dua kamera yang menempel pada smartphone ini, yakni di bagian belakang dengan resolusi 16 MP dan di bagian depan dengan resolusi 8 MP.

Tak ketinggalan, LG diperkirakan masih akan menyisipkan slot microSD untuk lebih memperluas penyimpanan data. Ada juga dukungan sertifikasi IP68 dan MIL-STD-810G, serta berbagai konektivitas yang cukup solid seperti, Wi-Fi 802.11 dual-band a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0 Low Energy dan NFC.

Selain LG Q9, LG juga diperkirakan akan merilis Q9 Series lainnya, yakni LG Q9 One. Smartphone ini juga sudah nongol di situs Sertifikasi Bluetooth SIG dengan nomor model yang sama. Sebelumnya. nomor model LM-Q927L juga sudah terdaftar di situs Wi-Fi Alliance.

Satu hal yang menarik, LG Q9 One ini disebut-sebut sudah berjalan dengan sistem operasi Android 9 Pie. Namun, LG Q9 sendiri masih berjalan dengan Android 8.1 Oreo seperti yang bisa kita lihat pada daftar benchmarking Geekbench di atas.

Ada rumor lainnya yang patut kalian ketahui. Ya! LG Q9 disebut-sebut akan datang dengan chipset kelas menengah milik Qualcomm, yakni Snapdragon 660. Selain itu, smartphone tersebut juga bakal dicekoki baterai berkapasitas 3.550 mAh. Ehm, mana yang benar? Kita tunggu saja konfirmasi resmi dari LG.

Sumber: GSMArena